Sukses

Cara Menghilangkan Moonface Akibat Steroid

09 Nov 2015, 11:14 WIB
Pria, 22 tahun.

bagaimana cara menghilangkan moonface karena penggunaan kortikosteroid? apakah ada obatnya? saya sudh tidak menggunakan kortikosteroid lagi sejak setahun lalu.

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Moon face (bentuk wajah yang sembab dan membulat) adalah salah satu dari gejala Cushing Sindrome, suatu kumpulan gejala penyakit yang disebabkan oleh kelebihan hormon kortisol, salah satu hormon yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal tubuh. 

Penyakit ini timbul oleh ketika kelenjar adrenal pada tubuh terlalu banyak memproduksi hormon kortisol. Penyakit ini juga dapat muncul akibat seseorang yang terlalu banyak mengkonsumsi obat kortikosteroid dalam jangka waktu panjang. 
Kortikosteroid sendiri merupakan salah satu golongan obat yang luas digunakan dalam dunia medis untuk pengobatan penyakit peradangan atau bisa juga digunakan pada terapi post operasi untuk mengurangi perdangan.

Cara terbaik untuk mengurangi efek samping moon face dan bengkak di anggota tubuh yang lain adalah dengan cara mengurangi dosis yang biasa diberikan secara bertahap yang tentunya pengurangan dosis ini harus dibawah pengawasan dokter. Bila Anda sudah lama menghentikan pengobatan menggunakan steroid tersebut namun moonface masih tetap ada, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam, bila memungkinkan sub spesialis endokrinologi. Dikhawatirkan terdapat kerusakan organ yang diakibatkan oleh pengunaan steroid jangka panjang.

Cara kedua adalah mengurangi asupan garam, secara normal, ginjal menjaga tubuh kita dengan menyeimbangkan kadar elektrolit, jika garam (natrium)  di dalam tubuh kita berlebihan, maka akan dikeluarkan ke dalam urin. Steroid menyebabkan efek retensi natrium (menyimpan garam) sehingga terjadi penahanan cairan didalam tubuh yang berakibat terjadi peningkatan berat badan, perut kembung serta rendahnya kadar kalium di darah. Hal ini dapat menimbulkan resiko tekanan darah tinggi. Oleh karena itu pengurangan garam dan makanan asin saat ini dapat mengurangi keluhan.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar