Sukses

Penyebab Kelebihan Eritrosit

09 Nov 2015, 12:08 WIB
Pria, 30 tahun.

Dok, sy punya anak perempuan usia 2 thun 6 hari...masih dlm perwatn di RS d bnjarmasin, tetapi sy blum puas dngn jawabn doktr d RS trsebut..yg ingin sy tnyakan, apa penyebab kelebihan eritrosit pada anak,dampak dan cara penanganannya ? trims

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Darah terdiri atas sel darah dan cairan yang disebut dengan plasma darah. Kondisi yang anak Anda alami saat ini disebut dengan polisitemia. Polisitemia adalah peningkatan konsentrasi sel darah merah melebihi normal. Hal ini dapat disebabkan peningkatan dari jumlah sel darah merah sendiri atau pengurangan dari jumlah plasma.

Penyebab dari polisitemia terbagi atas primer dan sekunder. Primer dalam hal ini adalah kondisi dimana sumsum tulang memproduksi terlalu banyak sel darah merah dan disebut dengan polisitemia vera akibat dari mutasi genetik. Kondisi ini jarang terjadi dan predileksi usia adalah usia separuh baya dan orang tua.

Polisitemia sekunder adalah kondisi dimana sumsum tulang memproduksi sel darah merah berlebih sebagai respon dari kurangnya kadar oksigen di dalam tubuh. Kekurangan oksigen dapat disebabkan oleh penyakit paru kronik seperti Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK), penyakit ginjal, sindroma cushing, hemangioblastoma, dan seseorang yang berada di ketinggian.

Satu lagi bentuk polisitemia yaitu polisitemia relatif  yang terjadi akibat beberapa hal, diantaranya adalah akibat minum alkohol terlalu banyak, obesitas, hipertensi, stress, dan dehidrasi (kekurangan cairan). Umumnya kondisi polisitemia ini hanya sementara dan dapat kembali normal asalkan penyebabnya diatasi.

Terapi yang dilakukan tergantung dari penyebab dasar dari polisitemia tersebut. Polisitemia sendiri diterapi dengan cara mengurangi atau mengeluarkan darah dari dalam tubuh sampai dengan jumlah hematokrit berada di dalam batas normal. Selain itu, bisa juga dengan penggunaan aspirin, dll tergantung penyebab. Apabila penyebab polisitemia tidak diketahui, maka yang diperlukan adalah monitor teratur.PV dapat meningkatkan risiko terjadinya trombosis (sumbatan pada arteri atau vena di dalam darah oleh bekuan darah/trombus).

Oleh karena itu kami sarankan anda memeriksakan diri terlebih dahulu ke dokter spesialis penyakit dalam untuk mengetahui penyebab dari polisitemia pada diri anda.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar