Sukses

Volume Earphone Tinggi dan Gangguan Pendengaran

14 Nov 2015, 19:09 WIB
Pria, 35 tahun.

Halo dok, ada yg ingin saya konsultasikan. Beberapa hari yang lalu saya mendengarkan lagu yg nge beat memakai earphone tipe in ear di hp saya. Dan ketika saya jalankan lagunya, ternyata volumenya dalam posisi yang tinggi. Saya kaget dan lsg saya lepas earphonenya seketika, dan saya tidak mendengarkan lagu menggunakan earphone selama beberapa hari. Setelah beberapa hari saya mendengarkan lagu menggunakan earphone lagi di hp saya, ko rasanya tidak seperti biasanya beatnya tidak terlalu terasa. Kalau masalah besar suaranya sih rasanya tidak berbeda jauh, tapi ya itu saya test memakai lagu yg nge beat ko tidak seperti biasanya. Apakah itu berarti telinga saya berkurang sensitivitasnya? Bagaimana saya mengetestnya untuk memastikan apakah telinga saya berkurang sensitivitasnya atau hanya sugesti saya saja. Apakah bila memang benar berkurang apakah bisa dipulihkan kembali?

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Suara keras dan stress terhadap telinga memang dapat merusak sel rambut di dalam telinga dalam, yang berfungsi merubah rangsangan mekanik berupa getaran suara, menjadi suatu sinyal elektrik yang diinterpretasikan oleh otak sebagai suatu suara. Seiring waktu, sel rambut tersebut dapat rusak secara permanen dan tidak lagi mampu untuk bekerja menghasilkan suara. Hal ini dikenal sebagai trauma akustik pada telinga dalam. Trauma ini dapat disebabkan oleh suara tunggal yang amat keras, maupun akibat paparan rutin terhadap suara dengan volume desibel rendah dalam jangka panjang.

Sebagai informasi, dalam penggunaan earphone suara yang dihasilkan oleh earphone seringkali harus "bersaing" dengan suara latar dari luar, terutama pada daerah yang berisik seperti keramaian, fasilitas umum, bandar udara, terminal, dan sebagainya. Adapun setiap jenis earphone dan produsennya dapat memiliki standar yang berbeda. Ambang batas suara yang dapat menimbulkan kerusakan pendengaran dalam jangka panjang adalah 80 dB, sementara  kerusakan dalam jangka pendek atau segera adalah 130 dB. Oleh karena itu produsen earphone tidak dianjurkan untuk membuat earphone yang dapat menghasilkan suara hingga lebih dari 100 dB. 

Merujuk pada informasi Anda dimana keluhan muncul setelah suara yang Anda dengar keras dan terjadi tiba-tiba, maka perlu segera dilakukan pemeriksaan kemungkinan penurunan pendengaran dengan menggunakan otoskop (alat untuk melihat bagian tengah telinga), garpu tala, atau alat yang disebut audiometri oleh dokter spesialis THT untuk menilai adanya kerusakan dan fungsi pendengaran Anda. Kerusakan pada sel-sel telinga bagian dalam karena paparan terhadap suara keras tidak dapat diperbaiki, namun dapat dicegah terjadinya kerusakan lebih lanjut dengan menghindari pajanannya. Jika penurunan pendengaran sudah mencapai tahap tertentu, dapat dibantu dengan menggunakan alat bantu dengar.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga keluhan Anda lekas teratasi.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar