Sukses

Penyebab Nyeri Perut Sebelah Kanan

01 Dec 2015, 18:51 WIB
Wanita, 26 tahun.

sore dok saya mau tanya.. kmren saya sakit perut sblah kanan.. saya kira cmn mag biasa saya sudah mnum promag tapi tdak mmbntu.. mkin sni makin sakit sampe akhirnya saya putuskan berkunjung k igd stlah d igd saya d beritahu klo saya kmngkinan usus buntu.. akhirnya saya d rawat dan d usg.. hasil usg nya trnyata tdak mnunjukan klo saya usus bubtu.. smua d cek smape ovum saya pun tdak ada masalah.. akhirnya saya pun plg dari rs.. d beri obt untuk lambung saya liat itu obt buat mag.d mnum seblom makan.. yg saya heran mngapa sakit sblah kanan saya maaih saja brlanjut .. saya itu sakit apa sbnrnya.. tdak d jelaskan olah dkternya pun.. apa ad solusi dok?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, ada beberapa pertanyaan yang perlu kami ajukan :?

  • Apakah baru kali ini terjadi? 
  • Bagaimana gambaran rasa sakitnya (apakah nyeri tajam atau nyeri tumpul?) 
  • Apakah nyeri disertai demam?
  • Adakah keluhan menyangkut BAK (buang air kecil)? 
  • Apakah terdapat keluhan terhadap BAB (buang air besar)? 
  • Apa yang sudah Anda lakukan untuk mengatasi nyeri Anda dan bagaimana hasilnya? 
  • Bagaimana dengan siklus menstruasi Anda selama ini? 

Sulit untuk menentukan diagnosis kondisi kesehatan Anda saat ini dengan informasi yang terbatas. Mengenai keluhan tersebut, nyeri perut sebelah kanan dapat disebabkan oleh beberapa gangguan kesehatan. Antara lain :

  • Gangguan otot, otot yang berkontraksi terlalu hebat mungkin saja menjadi penyebab apabila anda memang aktif, riwayat trauma sebelumnya, atau beraktivitas (olahraga) tanpa pemanasan. 
  • Gangguan sistem kemih
  • Gangguan sistem reproduksi. Gangguan dari sistem reproduksi umumnya terjadi pada daerah indung telur atau saluran tuba kanan.
  • Gangguan dari sistem pencernaan yang paling sering adalah appendisitis akut / kronik (usus buntu). 

Jika sebelumnya telah dilakukan pemeriksaan USG dengan hasil dalam batas normal, sedangkan keluhan nyeri perut kanan tetap Anda rasakan, maka sebaiknya Anda kembali berkunjung ke dokter spesialis penyakit dalam agar dapat dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk mencari penyebab keluhan Anda. Mungkin saja dibutuhkan pemeriksaan penunjang lainnya untuk dapat membantu menegakkan diagnosis penyakit Anda, misalnya pemeriksaan CT-scan atau MRI (bisa juga pemeriksaan lainnya). Pemeriksaan ini umumnya dianjurkan untuk mencari adanya gangguan pada organ dalam perut yang bisa saja tidak terdeteksi melalui pemeriksaan USG.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar