Sukses

Membawa Bayi Dalam Perjalanan Jauh

14 Nov 2015, 18:41 WIB
Wanita, 26 tahun.

Apakah aman mengajak bayi usia 2bulan menempuh perjalanan jauh dari cirebon-mojokerto dengan jarak tempuh sekitar 12jam?kalau aman mana lebih baik dengan mobil atau kereta?terima kasih

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Bayi memang sebaiknya tidak dibawa bepergian jauh karena daya tahan tubuh mereka yang masih belum sempurna. Tidak ada batasan usia kapan mereka dapat diajak bepergian, namun pada usia di bawah 1 bulan disarankan tidak bepergian jauh.

Bayi Anda akan berusia 2 bulan pada bulan depan, apabila kondisi bayi Anda sehat (ASI kuat, menangis kuat, BAK dan BAB normal, serta tidak ada keluhan) dan Anda berniat untuk mengajaknya bepergian ke Mojokerto maka tidak ada larangan asalkan persiapan yang Anda lakukan lengkap. 

Hal yang harus diperhatikan selama perjalanan adalah :

  • Jaga kebersihan alat minum bayi selama perjalanan
  • Jaga kebersihan lingkungan sekitar bayi
  • Jaga kebersihan popok, sekalipun dalam perjalanan
  • Jaga kondisi kesehatan ibu menyusui, makan makanan bergizi, minum air cukup dan cukup istirahat
  • Hindari berdekatan dengan orang yang sedang sakit atau terlihat sakit (pilek, batuk, dan lainnya)
  • Hindari tempat dengan polusi dan asap rokok
  • Selalu evaluasi kondisi bayi Anda setiap beberapa jam (demam, diare, rewel).

Mengenai metode transportasi, sebaiknya dipertimbangkan hal-hal di atas, termasuk banyaknya orang yang turut menggunakan alat transportasi tersebut seperti pada kereta.

Apabila menggunakan mobil, setelah beberapa jam perjalanan berhentilah sebentar untuk beristirahat dan agar bayi Anda menghirup udara segar, pastikan selimut bayi Anda cukup tebal untuk melindunginya dari angin dan dingin, pastikan asupan ASI terpenuhi dengan baik, serta usahakan melalui rute perjalanan yang melewati fasilitas kesehatan untuk berjaga-jaga pada keadaan darurat. Pastikan kondisi badan Anda sehat guna mendukung bayi dan memberikan jumlah asupan ASI yang cukup.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga perjalanan Anda lancar.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar