Sukses

Prednison dan Pengobatan Lupus

14 Nov 2015, 12:02 WIB
Pria, 24 tahun.

assalamualaikum wr. wb. dok, saya mau tanya dok, calon istri saya kan terkena penyakit SLE/lupus dok, dan sdh menjalani perawatan, dan dikasih lah sama dokter obat Prednison 7,5MG, dan baru2 ini saya ada dpt obat alamiah utk penyakit SLE tersebut dok, dan saya mau menggunakan obat tersebut dan ingin menyetop obat Prednison tersebut dok, kalau saya tanya sm dkter yang mnangani pst tidak di ijinkan saya menggunakan obat alamiah tersebut, makanya saya bertanya sm dokter disni, bisa gak dok obat Prednison tersebut dihentikan dok, kiat-kiat nya sperti apa dok, tlong jawabannya ya dok, apa harus di turunkan jadi 5MG dlu? terimakasih.

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sekilas izinkan kami menjelaskan mengenai penyakit lupus. Penyakit lupus lengkapnya disebut systemic lupus erythematosus (SLE) atau lupus eritematosus sistemik (LES), adalah penyakit autoimun yang dapat mengenai seluruh sistem organ tubuh. Pada SLE / LES terjadi ketidakseimbangan sistem imun (daya tahan tubuh) yang menyebabkan sistem imun bereaksi terhadap jaringan yang sehat. 

Penyebab SLE / LES belum diketahui, namun predisposisi genetik, hormon seks, dan lingkungan diduga memiliki pengaruh dalam perkembangan penyakit ini. Mengingat penyakit ini dapat mengenai berbagai sistem organ tubuh, gejalanya bervariasi meliputi: demam, lemas, penurunan berat badan, kemerahan khas pada wajah berbentuk kupu-kupu (butterfly rash), nyeri otot dan sendi, gangguan saluran kemih, gangguan jantung, sistem pencernaan, kelainan darah, gangguan saraf, faktor psikologis, dsb.

Perjalanan penyakitnya bersifat episodik (berulang) yang diselingi periode sembuh. Hingga saat ini belum ada terapi yang dapat menyembuhkan SLE 100%. Terapi lupus berbeda bagi setiap individu tergantung pada usia, gejala yang dialami, dan pertimbangan medis lainnya. Pengobatan juga dapat berubah seiring dengan waktu, namun tujuan pengobatannya adalah untuk mencegah flare (perburukan gejala), mengatasi flare ketika kambuh, dan mencegah kerusakan organ tubuh karena lupus.

Prednison merupakan obat golongan steroid, dan merupakan golongan yang paling umum digunakan dalam pengobatan lupus. Obat ini bekerja menekan sistem imun tubuh dari aktivitas sistem imun berlebihan serta menekan proses peradangan yang terjadi. Menghentikan pengobatan steroid dapat berbahaya bagi penderita karena dapat memicu withdrawal dengan gejala kelemahan, nyeri sendi, hingga kekambuhan penyakit sehingga meningkatkan risiko kerusakan organ lebih jauh, oleh karenanya kami tidak menyarankan penghentian obat tersebut tanpa evaluasi dari dokter yang merawat.

Kami menyarankan Anda berkonsultasi kembali dengan dokter yang merawat calon istri Anda, jangan segan untuk menceritakan keluhan, ide, dan bertanya kepada dokter Anda agar calon istri Anda dapat memperoleh pengobatan yang optimal. Berikut kami sertakan artikel untuk melengkapi informasi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar