Sukses

Hasil Pap Smear

07 Nov 2015, 21:05 WIB
Wanita, 38 tahun.

Dear Dokter , Saya adalah seorang ibu rumah tangga berumur 38 thn. Beberapa hari lalu saya melakukan Pap Smear. Berikut hasil tes Pap smear saya: Deskripsi : Sediaan apusan dari serviks tampak sebaran dan kelompokan sel-sel epitel superfisial, sel intermediate, dan satu-dua sel parabasal. Tidak dijumpai sel endoserviks. Juga tampak "leucocytes ball". Latar belakang terdiri dari sebaran sel-sel coccobacilli dan sel radang PMN. Tidak tampak sel perinuklear halo, sel displastik maupun tanda- tanda malignansi pada sediaan ini. Diagnosa Kesimpulan : Pap II ( Inflammatyorty Smear ) Bethesda system : NILM (Negative for Intraepithelial Lesion or Malignancy) Pertanyaan saya : 1. Apakah hasil test tersebut berbahaya bagi diri saya ? 2. Apa arti dari hasil test tersebut ? sebelum dan sesudahnya saya mengucapkan banyak terima kasih.

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Pap smear adalah skrining untuk mendeteksi dini kanker leher rahim dan penanganan lebih awal serta adekuat. Klasifikasi hasil pap smear dibagi menjadi 5 kelas, yaitu :

  • Kelas 1 

Normal. Tidak membutuhkan terapi

  • Kelas 2 

Atipikal (dapat disebabkan karena peradangan atau infeksi). Disarankan untuk mengulangi lagi pemeriksaan pap smear atau kolposkopi dalam jangka waktu 3-6 bulan

  • Kelas 3

Displasia atau pre-kanker, level rendah. Kolposkopi dibutuhkan untuk mendiagnosis penyebab

  • Kelas 4

Displasia Level TInggi atau CIC (carcinoma in- situ; kanker tapi tidak invasif). Membutuhkan kolposkopi dengan biopsi kerucut

  • Kelas 5

Kanker, invasif. Dibutuhkan kolposkopi dan terapi lanjutan

Pemeriksaan Pap smear Anda menyatakan tidak ditemukan adanya sel ganas, sel yang ditemukan kemungkinan terjadi infeksi atau peradangan. Konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan untuk penatalaksanaan lebih lanjut. Pap smear dapat dilakukan ulang bergantung kondisi kesehatan Anda dan bergantung hasil pemeriksaan Anda. Secara umum, Pap smear dapat dilakukan 1 tahun sekali sebagai tindakan skrining atau Anda juga dapat mempertimbangkan vaksin HPV untuk perlindungan.

Kami lampirkan sebuah artikel untuk Anda baca:

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar