Sukses

Pijat untuk Ibu Hamil

07 Nov 2015, 23:27 WIB
Wanita, 28 tahun.

Selamat Pagi Dokter, Amankah massage (pijat) untuk ibu hamil ? Mohon penjelasannya Terima kasih

 

Ibu yang terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter. Semoga kami selalu mendapat tempat di hati Anda sebagai sumber informasi kesehatan yang akurat dan terpercaya.

Halo! Kami akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.

 

Pijatan pada Ibu hamil tentu tidak masalah. Pijatan jika dilakukan dengan teknik yang benar, tentu tidak akan menyebabkan gangguan pada kehamilan. Namun jika kehamilan Anda sudah besar, lebih baik hindari memijat punggung yang mengharuskan Anda tengkurap karena ditakutkan dapat menekan peredaran darah ke janin.

 

Apabila Anda suka dipijat, maka sebaiknya tidak dilakukan pijat di daerah perut dan sekitarnya, serta jangan melakukan pijat dalam keadaan tengkurap karena dapat membahayakan janin. Posisi telentang pun dapat menekan aliran darah ke rahim. Anda dapat dipijat dalam posisi dan duduk atau duduk dengan kaki lurus. Pijat pinggang sambil tengkurap tidak disarankan. Pijat dapat dilakukan di daerah kepala, kaki, tangan, dan bahu. Namun, memang ada baiknya selama kehamilan, pemijatan dilakukan tanpa alat bantuan tertentu.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam sehat selalu,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar