Sukses

Penyebab Batuk dan Dada Sesak

08 Nov 2015, 21:19 WIB
Pria, 81 tahun.

-batuk, dada sesak, susah menelan makanan karena banyak dahak. - kedua kaki bengkak, kalo ditekan lama kembalinya. - sakit apa ya dok ?

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, ada beberapa pertanyaan yang ingin kami tanyakan. Bagian tubuh mana yang bengkak? Saat kapan timbul bengkak? Apakah bengkak berkurang saat istirahat? Sudah berapa lama Anda merasakan keluhan ini? Apakah terdapat nyeri dada kiri hingga menjalar ke punggung atau lengan kiri? Apakah terdapat sesak bila tidur telentang dan membutuhkan lebih dari 1 bantal ketika tidur? Apakah Anda atau di keluarga memiliki riwayat penyakit jantung?

Karena keterbatasan informasi dan tidak dilakukan pemeriksaan langsung, sulit bagi kami untuk menyimpulkan keluhan Anda. Namun secara garis besar, keluhan bengkak di tubuh (terutama kaki dan paru) disertai mudah lelah dan sesak menyerupai gejala gagal jantung. 

Gagal jantung merupakan penyakit yang umum ditemui.Gagal jantung merupakan keadaan dimana jantung tidak dapat memompa darah secara cukup.

Hal ini pada akhirnya akan berakibat pada penumpukan darah pada jantung dan kurangnya peredaran darah ke seluruh tubuh. Hal inilah yang akan menyebabkan berbagai keluhan pada pasien gagal jantung.(Baca: Penyakit Jantung)

Gejala yang umum ditemu pada gagal jantung antara lain :

1. Fatigue atau mudah lelah
Fatigue atau mudah lelah merupakan gejala yang paling sering dialami dan dapat mengindikasikan kurang istirahat, efek samping konsumsi obat atau bisa juga dikarenakan adanya gangguan medis lain. Namun, kelelahan yang ekstrim bisa jadi merupakan gejala dari serangan jantung. Pada suatu studi membuktikan bahwa pada lebih dari 70% subjek yang disurvey mengalami fatigue beberapa hari hingga minggu sebelum serangan jantung.

2. Gangguan tidur
Pada suatu studi menunjukkan bahwa hampir setengah dari wanita yang mengalami serangan jantung mengalami gangguan tidur pada beberapa hari sebelum terjadi serangan.

3. Sesak nafas
Sering mengalami kesulitan untuk mengambil nafas panjang namun Anda tidak memiliki asma? Sesak nafas yang dialami sewaktu menjalankan aktivitas sehari-hari bisa jadi merupakan gejala awal serangan jantung. 

4. Heartburn
Hampir 40% wanita yang mengalami serangan jantung juga mengalami heartburn dan rasa kurang nyaman pada perut beberapa saat sebelum mengalami serangan. Ketika mengalami serangan jantung, wanita mengalami masalah saluran pencernaan 2x lebih sering dibandingkan pada pria.

5. Cemas
Lebih dari 1/3 wanita mengalami kecemasan ekstrim sebagai gejala awal dari serangan jantung. Sehingga jika Anda tiba-tiba merasa cemas tanpa alasan dan tidak seperti biasanya, ada baiknya jika Anda segera mengunjungi dokter.

6. Nyeri 
Meskipun nyeri dada merupakan gejala klasik dari serangan jantung, namun hanya 30% dari wanita yang dilaporkan mengalami hal ini. Wanita seringkali dilaporkan mengalami nyeri atau rasa tidak nyaman pada area tubuh seperti punggung, leher, bahu dan lengan atau bahkan pada rahang dan tenggorokan.

7. Pusing dan berkeringat
Hampir 40% wanita yang mengalami serangan jantung mengalami pusing atau kepala terasa ringan yang disertai juga dengan berkeringat dingin. Pusing yang dialami secara tiba-tiba bisa jadi juga merupakan gejala stroke, jadi segeralah memeriksakan diri ke dokter untuk tindakan preventif.

Untuk memastikannya, kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam. Dokter akan melakukan wawancara medis mendetil dan melakukan pemeriksaan fisik, serta pemeriksaan tambahan bila diperlukan, misalnya EKG, foto rotngen dada, dan lainnya. Dengan demikian dapat ditentukan diagnosis dan dilakukan penanganan yang sesuai.

0 Komentar

Belum ada komentar