Sukses

Bolehkah Anak Minum Susu Manis?
06 Nov 2015, 15:57 WIB
Wanita, 1 tahun.

sore dok, mau tanya, apakah susu formula yg rasanya agak manis itu tdk kenapa2 ya kalo buat anak seumuran anak saya 1 thn? tks

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Pada dasarnya, minuman yang mengandung gula tambahan sebaiknya dibatasi dalam porsi asupan anak. Konsumsi gula berlebihan dalam jangka waktu tertentu dapat berakibat kepada gigi berlubang, obesitas, diabetes melitus, darah tinggi, kolesterol tinggi, dan penyakit lainnya yang menjadi faktor risiko penyakit jantung dan stroke.

Tapi apakah minuman gula harus benar- benar dihindari? Ternyata anak juga membutuhkan gula sebagai sumber energi. Pada bulan Agustus 2009, American Heart Association (AHA) memberikan rekomendasi mengenai batasan konsumsi gula tambahan bagi anak-anak, yaitu:

  • Anak usia prasekolah: 4 sendok teh (16 gram) dalam sehari

  • Anak usia 4-8 tahun: 3 sendok teh (12 gram) dalam sehari

  • Anak usia praremaja dan remaja: 5-8 sendok teh (20-32 gram) dalam sehari

Rekomendasi AHA tersebut berlaku hanya untuk gula tambahan, bukan gula alami yang terdapat dalam makanan karbohidrat kompleks seperti buah-buahan, sereal, dan susu rendah lemak. Si Kecil tentunya masih tetap membutuhkan karbohidrat (gula) sebagai energi untuk belajar, bermain, dan beraktivitas. Sehingga makanan dengan karbohidrat kompleks tidak dihilangkan dari menu makanan sehari-harinya.

Jadi Anda dapat memperhitungkan jumlah gula yang terdapat dalam susu anak Anda, apakah sudah sesuai dengan batasan asupan gula yang dianjurkan ataukah berlebihan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar