Sukses

Terkena Miom Apakah bisa Hamil?

05 Nov 2015, 14:50 WIB
Wanita, 37 tahun.

Siang dokter, saya baru menikah 6bln dan saya menyidap miom d rahim saya, apakah pnya miom bs hamil dgn ada nya miom d rahim saya, brp lama pengobatan miom tanpa operasi. Terima kasih dokter..

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Apakah seorang wanita bisa hamil bila dirahimnya ada miom? Jawabnya adalah bisa, tergantung dari jenis dan lokasi miom tersebut dan tidak ditemukan kelainan pada suami dan istri yang dapat menghalangi kehamilan. Jika lokasinya di luar rongga rahim dan tidak menekan rongga rahim atau tidak menyumbat saluran telur maka kemungkinan hamil tetap ada.

Apakah miom perlu operasi atau tidak, tergantung dari jenis, lokasi dan keluhan yang ditimbulkannya. Bila miom tersebut berada di rongga rahim (mioma submukosum) maka ukuran 3 cm cukup besar dan mengganggu, bisa menyebabkan perdarahan di luar haid atau haid yang memanjang dan menghalangi kehamilan, sehingga cukup bijaksana jika miom tersebut diangkat/diambil. Tetapi, jika miomnya hanya miom subserosum (letaknya di bagian paling luar rahim yang disebut lapisan serosa), maka ukuran 3 cm itu kecil dan umumnya tidak menimbulkan keluhan. Kami sarankan Anda melakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan diketahui jenis mioma yang Anda alami, sehingga pengobatan yang diberikan dapat optimal.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam sehat,            

    0 Komentar

    Belum ada komentar