Sukses

Warna Feses Kehitaman

05 Nov 2015, 15:38 WIB
Pria, 26 tahun.

siang dok, sudah 2 minggu ini frekuensi bab saya berubah dari yg biasanya tiap hari jd 2 sampai 3 hari sekali, awalnya saya sakit amandel dok tp setelah sembuh saya merasakan nyeri ketika mengambil nafas dalam dalam di perut kanan bawah tp setelah 3 hari nyerinya hilang, cuma yaitu semenjak itu frekuensi bab saya jd berubah dan feses kadang2 berwarna agak kehitaman, apakah saya terkena kanker usus besar ya dok?? usia saya masih 26 dan nafsu makan masih lahap seperti tidak sedang sakit

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.           

Feses berwarna hitam dapat menandakan adanya perdarahan di saluran pencernaan. Namun apabila tidak hitam namun masih berwarna coklat gelap saja, hal tersebut dapat disebabkan karena asupan makanan atau asupan vitamin yang mengandung kadar zat besi dalam jumlah tinggi.

Pewarnaan feses berasal dari pemecahan bilirubin di dalam tubuh menjadi biliverdin di dalam usus. Warna feses normal berkisar kuning coklat sampai coklat gelap, tergantung asupan makanan. Jadi apabila feses Anda  bukan berwarna hitam dan Anda tidak memiliki keluhan apapun dari pencernaan Anda, maka hal ini tidak perlu dikhawatirkan.

Tapi jika benar berwarna hitam maka dalam istilah kedokteran itu disebabkan feses bercampur dengan darah atau disebut dengan melena. Melena bisa disebabkan karena :

Perdarahan internal
Perdarahan internal dapat terjadi karena sejumlah masalah kesehatan yang sering berhubungan dengan lambung dan usus. Penyebab paling umum dari perdarahan internal diberikan di bawah ini :

Ulkus lambung
Seperti yang kita semua tahu borok adalah luka terbuka yang berdarah. Ulkus terbentuk di lapisan lambung atau bagian bawah usus kecil dapat juga berdarah. Darah kemudian bergerak melalui usus besar dan akhirnya bercampur dengan tinja, sehingga menyebabkan buang air besar berwarna hitam.
Penyebab : Infeksi bakteri H. pylori, penggunaan sembarangan obat anti-inflamasi (ibuprofen, naproxen) dan aspirin yang diresepkan untuk mencegah serangan jantung dapat menyebabkan ulserasi di perut.

Radang Perut
Dalam kondisi ini, lapisan perut meradang atau terkikis. Lapisan perut mengandung sel-sel yang mengeluarkan asam lambung untuk mempromosikan pencernaan. Oleh karena itu, setiap kerusakan lapisan perut mungkin menyebabkan gangguan pencernaan.
Penyebab : infeksi H. pylori, Alkoholisme, dan penggunaan jangka panjang obat anti-inflamasi adalah beberapa faktor yang mengiritasi lapisan lambung, yang dapat menyebabkan gastritis.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,   

    0 Komentar

    Belum ada komentar