Sukses

Jempol Bengkak Dan Bernanah

05 Nov 2015, 09:50 WIB
Wanita, 20 tahun.

dokter ibu saya jari jempolnya tiba tiba saja bengkak , seperti ada nanah di dalamnya . itu penyebabnya apa ya dok ? cara penyembuhanya bagaimana?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.           

Sebenarnya sangat sulit bagi kami untuk menjawab pertanyaan Anda dengan informasi yang sangat minim.  Satu-satunya cara untuk memastikan keluhan adalah dengan melakukan pemeriksaan langsung oleh dokter. Karena hanya dengan pengamatan langsung, akan muncul analisa yang lebih akurat dan sesuai dengan kaidah penegakan diagnosa. Ada beberapa pertanyanan yang kami butuhkan agar bisa membantu menyelesaikan permasalahan Anda.  Apakah tidak didahului trauma sebelumnya? nanah yang anda maksud dibagian mana? Apakah di kukunya atau di jarinya? Apakah nyeri?

Dari pernyataan Anda yang jempol bengkak dan bernanah mungkin ibu Anda mengalami Paronikia atau cantengan dalam bahasa awam. 

Cantengan atau juga disebut canthengan, memang bukan penyakit yang serius, dalam arti tidak mengancam kehidupan. Namun rasa nyeri yang ditimbulkan cukup mengganggu. Sebab jari, baik kaki maupun tangan, merupakan bagian tubuh yang aktif bergerak dan sering bersentuhan dengan benda-benda di sekitarnya. Jika bersentuhan, akan terasa nyeri yang menyengat.

Dalam istilah medis, canthengan atau infeksi kuku ini disebut dengan paronikia (paronychia). Penyakit ini terjadi karena adanya infeksi oleh bakteri Staphylococcus aureus. Infeksi terjadi akibat bakteri masuk ke dalam kulit sekitar kuku melalui luka pada kuku, robekan atau trauma. Iritasi akibat deterjen juga dapat menimbulkan robekan, dan dapat menjadi jalan masuk bakteri.

Ketika terjadi infeksi, akan terjadi radang diserati rasa nyeri, kemerahan dan panas. Kuku dapat mengalami perubahan warna, bahkan terlepas dari bantalannya. Nanah juga dapat timbul dan terkumpul di sekitar kuku atau di bawah kuku. Rasa nyeri biasanya cukup tajam dan mengganggu.

Penyebab cantengan adalah infeksi. Maka obat yang diperlukan adalah antibiotik. Selain itu, diperlukan juga obat untuk mengurangi rasa nyeri dan bengkak.

Jika penyebab infeksi adalah jamur, maka pemberian obat anti jaur seperti ketokonazol (Mycoral, Nizoral) dapat diberikan sekali sehari, diminum setelah makan.

Untuk memastikan diagnosa sebaiknya periksakan dengan segera ibu Anda agar dapat diberikan terapi sesuai dengan penyakit ibu Anda.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,   

    0 Komentar

    Belum ada komentar