Sukses

Nyeri Pasca Operasi Mastoid

05 Nov 2015, 13:53 WIB
Wanita, 22 tahun.

Pada 12 agustus 2015 kemarin sya menjalani operasi mastoid pda telinga sebelah kanan, hasil operasi di temukan jaringan kolesteatom, pda awal November ini saya sering merasa nyeri yg hilang timbul pada telinga dan kepala sebelah kanan juga sering ada rasa gatal di bekas jaitan operasi dan di lubang telinga, menurut dokter apakah normal nyeri tersebut pasca operasi? Dan apa yg harus sya lakukan utk menghilangkan rasa gatal nya terutama pada lubang telinga?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.           

Kolesteatoma adalah suatu kondisi medis yang ditandai dengan timbulnya kista pada kulit (kantung tertutup atau kantung dari jaringan yang dapat diisi dengan udara, cairan, nanah, atau zat-zat lain) yang terletak di telinga tengah.  Membran timpani (bagian dari gendang telinga) akan tertarik ke dalam telinga tengah, yang menyebabkan terbentuknya kista. Kista tersebut dapat terinfeksi dan melebar, merusak beberapa tulang telinga tengah atau struktur-struktur lain dari telinga. Hal ini akan mempengaruhi pendengaran, keseimbangan, dan fungsi dari saraf-saraf wajah pada penderita kolesteatoma tersebut.                                   

Untuk mengatasi gangguan kolesteatoma, biasanya dokter akan melakukan operasi. Hal itu bertujuan untuk menghapus kolesteatoma dan mencegah bertambahnya kerusakan. Sebelum operasi, biasanya pasiena akan diberikan obat anti biotik untuk menghilangkan infeksi pada telinga dan supaya telinga menjadi kering. Operasi atau pembedahan dilakukan pada area terjadinya penyakit. Termasuk tumbuhnya koleoteatom itu sendiri, gendang telinga ( membran timpani ) dan seluruh atau sebagian dari tulang mastoid tengkorak , tergantung pada sejauh mana tingkat keparahan dan berkembangnya kolesteatoma tersebut.  Komplikasi dari dilakukannya operasi kadang-kadang dapat terjadi . Komplikasi yang dimaksud termasuk tuli , pusing dan kerusakan pada saraf wajah , menyebabkan kelemahan dari otot-otot di wajah pada sisi yang terkena .

Nyeri pasca operasi wajar terjadi. Tapi untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya periksakan diri Anda ke Dokter THT yang mengoperasi Anda. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,                   

    0 Komentar

    Belum ada komentar