Sukses

Merawat Crown Gigi

05 Nov 2015, 17:11 WIB
Wanita, 28 tahun.

dok, saya ingin menanyakan bagaimana cara merawat gigi yg dipasang mahkota(seperti gigi palsu) ? dan apakah sifatnya permanent menempel di gigi yg lama ?

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Crown atau mahkota tiruan merupakan suatu restorasi pada gigi yang diindkasikan pada beberapa keadaan dari gigi seperti:

- Gigi yang patah lebih dari 1/2 mahkota dan mengekspos rongga pulpa/ kamar syaraf gigi maka perlu dilakukan perawatan saluran akar terlebih dulu. Kemudian dipasang pasak pada saluran akar gigi untuk memperkuat mahkota tiruan/crown yang akan dipasang diatasnya.

- Gigi yang berubah warna dan tidak dapat diatasi dengan bleaching.

- Gigi yang kelainan bentuk, terutama pada gigi depan.

- Gigi dengan karies/lubang yang besar/luas terutama pada gigi depan.

seperti gigi asli, crown juga memerlukan perawatan dan dijaga kebesihannya walaupun crown tidak dapat mengalami karies (gigi berlubang) tetapi penggunaan crown dapat menyebabkan timbulnya karies pada bagian gigi yang berdekatan dengan tepi crown. Sikat gigi dengan benar dan bersihkan sela-selanya menggunakan dental floss. Untuk menghindari kerusakan pada crown yang baru, hindari mengunyah makanan yang keras. Lakukan kontrol secara berkala pada dokter gigi.

Crown dapat bertahan lama dalam rongga mulut Anda dan dokter gigi yang memasangkannya dapat memberitahu Anda untuk perkiraan waktunya. crown dapat bertahan bergantung dari bagaimana Anda merawatnya, penggunaan dan juga jenis bahan yang digunakan,

Demikian informasi yang dapat Kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar