Sukses

Nyeri Di Bagian Vagina Saat Hamil Tua
04 Nov 2015, 12:20 WIB
Wanita, 25 tahun.

Selamat malam dok, saya ingin menanyakan nyeri di bagian Vagina karena kehamilan yg sudah di usia 37 minnggu ,dan merasakan seperti kram pada selangkangan ketika bangun tidur pagi . Apakah itu normal dok ?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.           

Keluhan nyeri pada vagina ini biasanya terjadi pada ibu hamil dengan usia kehamilan yang sudah tua, yaitu bulan ke delapan atau sembilan. Rasa nyeri pada organ intim ini disebabkan karena kepala bayi mulai memasuki daerah pinggul dan menekan saraf sekitar vagina. Karena itu, rasa nyeri ini dapat dianggap sebagai tanda-tanda menjelang persalinan. Artinya, kelahiran si Kecil sudah semakin dekat, namun belum diketahui secara pasti kapan bayi Anda lahir. Rasa nyeri ini meliputi daerah vagina dan tulang-tulang di sekitar selangkangan. Keluhan ini dapat Anda rasakan dalam waktu lama dan akan hilang setelah Anda melahirkan nanti.                            

Sebenarnya, selain disebabkan dari mulai masuknya kepala bayi ke daerah pinggul, nyeri pada vagina juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor lain. Di bawah ini beberapa penyebab lain yang dapat menimbulkan rasa nyeri atau sakit pada daerah organ intim.

  1. Aktivitas yang berlebihan
    Rasa lelah akibat aktivitas Anda yang berlebihan juga dapat menjadi penyebab dari rasa nyeri pada vagina.
  1. Membesarnya rahim
    Seiring dengan membesarnya rahim maka ligamentum penggantung rahim di dinding perut juga semakin tertarik. Kondisi ini menimbulkan rasa sakit pada vagina.
  1. Jangan tahan buang air kecil
    Pembesaran rahim menyebabkan kantung kemih tertekan dan mengakibatkan urine tertahan lebih lama di kantung kemih. Hal inilah yang menimbulkan rasaanyang-anyangan atau buang air kecil tidak tuntas pada ibu hamil. Kebiasaan buruk menahan buang air kecil dapat memperparah rasa nyeri ini.
  1. Gerakan janin semakin kuat
    Ukuran janin semakin besar, otomatis gerakannya pun semakin kuat dan menyebabkan rasa nyeri.

Nyeri organ intim pada ibu hamil tentulah wajar. Namun, Anda perlu memeriksakannya ke dokter untuk mengantisipasi gangguan kesehatan yang mungkin terjadi. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,                  

 

0 Komentar

Belum ada komentar