Sukses

Obat Tetes Mata untuk Lensa Kontak

02 Nov 2015, 14:55 WIB
Wanita, 26 tahun.

Halo dokter, Saya karyawati swasta yang sehari-hari bekerja di depan komputer 8jam dan terkena AC sepanjang hari. Baru-bari ini saya menggunakan lensa kontak untuk penggunaan harian, mengingat saya bukanlah orang yang telaten membersihkan lensa kontak berulang-ulang dan juga tidak bgitu steril. Saya ingin menanyakan obat tetes mata khusus apa yang bagus dan aman bagi pengguna lensa kontak, dan bisa langsung diteteskan pada saat lensa kontak sedang dipakai?

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih atas pertanyaan Anda. 

Apakah sewaktu menggunakannya dan melepasnya Anda melakukannya dengan tepat dan higienis?

Penggunaan lensa kontak pada mana minus sebenarnya bergantung pada jenis aktivitasnya dan juga cara perawatannya. Selain itu untuk astigmatisme (penggunaan koreksi silider/silindris) membutuhkan kontak lensa khusus. Dengan perawatan yang baik dan menggunakan tetes mata sehingga mata tidak kering maka penggunaan pada saat cuaca panas tidak bermasalah karena panas tidak berkontak secara langsung. Penggunaan topi dapat membantu. Api unggun, makanan beruap panas, mandi uap panas, mandi air panas dan terlalu dekat dengan kompor yang memberikan kontak panas langsung harus dihindari. Hal ini juga bergantung dari tingkat minus mata Anda, jika masih dapat melihat dengan cukup baik maka tidak masalah untuk tidak menggunakan alat bantu menglihat atau tetap dengan menggunakan kacamata biasa.

Namun, perlu diingat bahwa lensa kontak membutuhkan perhatian mulai dari penggunaan, lama pemakaian,  penyimpanan dalam kotaknya, dan perawatan kebersihan. Karena penggunaan soft lens yang kurang tepat dapat berakibat terjadinya infeksi pada kornea mata. Sehingga kami lebih menganjurkan pemakaian kacamata untuk sehari-hari. Sebetulnya pemilihan lensa kontak harian pada kasus Anda sudah cukup baik mengingat Anda bukanlah orang yang telaten. Jika mata Anda terasa kering, Anda boleh saja menggunakan obat tetes mata yang dijual di pasaran selagi masih memakai lensa kontak. Terkait merk, mohon maaf kami tidak dapat menginformasikannya untuk menghindari adanya bias promosi dari produk/institusi tertentu. 

Untuk informasi lengkap Anda, saya sertakan artikel mengenai: 

3 Jenis Contact Lens

5 Tips Merawat Kontak Lensa

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar