Sukses

Mungkinkah Hamil Dengan 1 Tuba?

04 Nov 2015, 13:43 WIB
Wanita, 26 tahun.

pagi dok saya memiliki satu saluran tuba krn sempat KET, slma 3 thn sy tunda kehamilan dan tdk ada sperma yg masuk slam itu khwtr KET lg.sy prnh disarankan utk melakukan peniupan namun sy ga ngerti bgmn prosesnya dok, ap lbh baik sy ikuti dok?8 bln terakhir ini sy trz bhbungan intim dg suami namun blm ada tnda2 kehamilan, ap sy bs hamil dg 1 tuba dok?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Terapi tiup yang Anda maksudkan dlam dunia kedokteran dinamakan Hidrotubasi. Hidrotubasi adalah pemeriksaan untuk menilai kelancaran (patensi) saluran telur (tuba Falloppii), dengan cara memasukkan cairan (larutan obat) dengan alat hidrotubator melalui vagina, mulut rahim (porsio), saluran leher rahim (kanalis servikalis), rongga rahim (kavum uterus), dan menuju ke saluran telur.

Dasar pemeriksaannya adalah bahwa cairan dapat melewati kedua saluran telur dengan baik bilamana tidak ada sumbatan di saluran telur. Jika terdapat penciutan (spasme) atau sumbatan parsial (sebagian) maka tekanan cairan akan meningkat tetapi masih dapat masuk, sedangkan jika terdapat sumbatan total (oklusi) maka tekanan cairan akan menjadi maksimal (berat) sehingga cairan terhalang masuk dan akan tumpah (membalik kembali).

Pada kondisi hanya terdapat 1 tuba falopii, maka masih terdapat kemungkinan untuk memiliki keturunan selama kondisi ovarium dan tuba lainnya masih dalam keadaaan sehat dan dapat menghasilkan sel telur yang normal. Hal inilah yang kemungkinan mendasari mengapa dokter Anda menyarankan hidrotubasi untuk mengevalusi tuba falopii Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar