Sukses

Operasi Membran Timpani

04 Nov 2015, 09:17 WIB
Pria, 24 tahun.

dok, saya bekerja di sebuah perusahaan swasta dan sudah berkonsultasi dengan dokter perusahaan saya di vonis mengalami kerusakan membran timpanic pada telinga saya dan beliau mengatakan bahkan operasi juga sudah tidak bisa memperbaiki nya saya cuma mau cari pendapat lain, menurut dokter kerusakan timpanik ini masih bisa kah di operasi ?

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Membran timpani atau gendang telinga yang rusak dapat diperbaiki melalui suatu operasi bedah yang disebut dengan timpanoplasti. Tergantung dari kerusakan atau bolong yang dialami serta waktu mengalaminya, dokter spesialis THT dapat melakukan observasi untuk melihat apakah membran tersebut dapat menyambung kembali secara alami atau harus melalui operasi.

Operasi ini berlangsung antara 30-60 menit, dapat dilakukan bius umum ataupun lokal, dan angka keberhasilannya mencapai 85-90%. Anda dapat melakukan operasi ini di berbagai rumah sakit besar atau center bedah THT.

Namun memang harus diperiksa dulu sebelumnya, karena setiap kasus dapat berbeda-beda dan memerlukan penanganan yang berbeda pula. Oleh karena itu, kami sarankan agar Anda berkonsultasi kepada dokter THT.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar