Sukses

Menurunkan Kolesterol

02 Nov 2015, 08:37 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dokter total kolestrol saya 309 , apa yang harus dilakukan agar kolestrol saya berkurang ?dan apa bahaya kolestrol dok ?

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Berikut adalah penyakit yang dapat disebabkan oleh kolesterol tinggi :

1. Penyakit Jantung Koroner

Merupakan penyakit utama yang disebabkan oleh kolesterol tinggi. Kolesterol (terutama LDL) yang tinggi akan menumpuk di dinding pembuluh darah arteri, sehingga menyebabkan plak yang disebut aterosklerosis. Plak ini menyebabkan arteri menjadi sempit, sehingga aliran darah pun melambat dan menurunkan asupan darah ke jantung, yang mengakibatkan gejala nyeri dada (angina). Jika kadar kolesterol tidak diturunkan, plak dapat menumpuk semakin banyak sampai akhirnya menyumbat total pembuluh darah jantung, dan menyebabkan serangan jantung.

2. Stroke

Jika sumbatan tersebut terjadi pada pembuluh darah otak, maka akan terjadi stroke sumbatan yang berujung kepada matinya sel saraf otak. Kematian sel tersebut disebabkan oleh terhentinya pasokan oksigen dan makanan akibat berhentinya aliran darah ke area otak tersebut.

3. Penyakit Arteri Perifer

Sumbatan lemak juga dapat terjadi di pembuluh darah besar selain jantung dan otak, menimbulkan penyakit arteri perifer. Penyakit ini terutama menyerang pembuluh darah di tungkai.

4. Diabetes Tipe 2

Penyakit kolesterol tinggi berhubungan erat dengan diabetes. Pada orang yang sudah terkena diabetes, walaupun kadar gula darahnya sudah dijaga optimal, kadar lemak darahnya cenderung meningkat.

5. Hipertensi

Plak aterosklerosis yang menempel di dinding pembuluh darah dapat menyebabkan arteri menjadi keras dan menyempit, sehingga jantung menjadi lebih sulit untuk memompa darah karena tahanan yang tinggi. Hal inilah yang menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi.

Untuk menurunkan kolesterol, hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengubah pola hidup: rajin berolah raga (disarankan minimal 5x/minggu), banyak makan buah-buahan dan sayur-sayuran. Kurangi makanan fast food / junk food. Bila perlu, Anda dapat mengkonumsi obat kolesterol yang diresepkan oleh dokter.

Makanan yang tinggi akan kolestrol terutama makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti makanan siap saji (seperti chicken nugget, burger, sosis) serta jenis-jenis daging, susu, mentega, roti, hati,  beberapa jenis seafood seperti udang, kepiting, oyster, cumi-cumi dan kerang. Serta tentu daging olahan seperti sosis,bacon, ham. 

Makanan rendah kolesterol diantaranya:

  • Ikan, unggas (ayam, bebek) tanpa kulit, dan potongan daging yang tidak mengandung lemak. Makanan dimasak dengan cara dibakar, dipanggang, atau direbus lebih baik dari pada digoreng
  • Hindari makanan jadi seperti sosis, bacon, salami. Batasi jenis makanan jerohan seperti hati, ginjal, otak
  • Gunakan susu, keju, yogurt rendah lemak. Gunakan margarin yang rendah lemak dibandingkan mentega.  Batasi kuning telur, putih telur dapat dimakan bebas
  • Makan sayuran dan buah potong (jangan dijus) serta bahan makanan yang terbuat dari gandum seperti oatmeal, roti gandum
  • Makanan seperti bawang mentah, salmon, almond, minyak zaitun, alpokat dianjurkan
  • Banyak makan makanan yang mengandung vitamin C (pepaya, anggur, jeruk, brokoli) dan vitamin E (gandum, almond, kacang tanah)

Anda juga dapat mengunjungi  Rubrik Kolesterol yang kami miliki untuk informasi lengkap seputar kolesterol.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar