Sukses

Badan Nyeri Saat bangun Tidur

30 Nov 2015, 22:10 WIB
Wanita, 31 tahun.

Malam dok saya mau tanya saya ibu rumah tangga dgn 2 anak sekaligus saya mempunyai usaha warung. Yg mau saya tanya saat bangun pagi saya selalu merasa sakit di sekitar persendian badan padahal saya sudah minum multivitamin. Apa yg harus saya lakukan dok supaya saat bangun pagi saya merasa segar

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kami menduga kondisi yang Anda alami berhubungan dengan kelelahan (fatigue) akibat banyaknya aktivitas yang Anda lakukan di siang hari.

Untuk mengatasi kelelahan otot akibat pekerjaan rumah, coba lakukan hal-hal ini:

  • Regangkan otot-otot. Fokus kepada otot-otot yang paling rentan terhadap rasa sakit dan otot-otot yang paling sering digunakan selama bekerja. Bergeraklah secara perlahan dalam setiap peregangan. Tahan setiap peregangan selama 15 hingga 25 detik sambil mengambil napas dalam-dalam agar memungkinkan banyak oksigen masuk ke dalam aliran darah dan untuk menenangkan otot-otot yang lelah.
  • Gunakan kompres air dingin dan air hangat secara bergantian pada daerah yang lelah. Kompres hangat membantu melebarkan pembuluh darah sehingga volume darah yang menuju area tersebut meningkat, mengurangi kekakuan sendi dan otot, dan membantu penyembuhan radang. Sementara kompres dingin dapat mengurangi nyeri pada area tersebut, mengurangi pembengkakan dan peradangan, serta mengurangi perdarahan jika ada. Caranya adalah gunakan es dalam dua hari pertama hingga keluhan terasa berkurang. Ganti dengan air hangat di hari ketiga dan seterusnya secara bergantian.
  • Makan protein kompleks secara cukup sesuai kebutuhan, seperti kacang-kacangan, susu, ikan, ayam, atau daging tanpa lemak.
  • Ketika nutrisi tubuh tidak tercukupi dari asupan makanan sehari-hari, misalnya pada individu yang sedang sakit, sedang dalam pengobatan untuk penyakit kronis, atau kondisi lain yang tidak memungkinkan seseorang memperoleh nutrisi maksimal dari asupan makanannya, konsumsi multivitamin sebagai nutrisi tambahan dapat membantu aktivitas sehari-hari. Beberapa nutrien seperti  Kalium & Magnesium Aspartate disebutkan dapat membantu menguraikan asam laktat (penyebab pegal-pegal dan otot kaku) yang menumpuk di otot untuk diubah menjadi energi, namun penelitian dalam hal ini masih terus dilakukan. VITAMIN B1, B6 & B12 juga membantu memelihara sel-sel saraf. Kemudian salah satu bahan alami yang diyakini dapat membantu perbaikan sel antara lain Ginseng yang berasal dari tumbuhan khas Asia, dan digunakan sebagai pengobatan di beberapa negara seperti Cina dan Korea.
  • Istirahatkan otot selama 24 hingga 48 jam sebelum mulai bekerja kembali.

Bila kelelahan otot yang Anda rasakan teramat nyeri dan tidak berkurang dengan tips di atas, konsultasikan keluhan tersebut dengan dokter.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar