Sukses

Terlambat haid dan Cuma dua Hari, Bisa Hamil?

30 Nov 2015, 21:22 WIB
Wanita, 21 tahun.

Siang dok.. sy mau tnya ni kmrin sy haid pas mlm jumat trus pas mlm minggunya udh brhnti jd cma 2 hri haid.. biasanya sy haid smingguan dan teratur tiap blan tpi bulan ni sy tlat smpai 2 minggu..dan itupn drahnya gk lncar..apkh mngkin sy bsa hamil dok..jika ia kpn masa sbur sy..mhn pnjelasnnya dok..tlng brithu cra cpat pnya anak..tks sblmnya

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari.

Dari data yang Anda kemukakan, diketahui bahwa siklus menstruasi Anda sebelumnya normal. Perubahan durasi menstruasi umumnya dikarenakan ketidakseimbangan hormonal yang dapat disebabkan oleh gaya hidup sehari-hari. Beberapa faktor yang dapat berperan seperti pola makan yang menjadi tidak teratur, stress, aktivitas berlebihan. Coba analisa kembali kegiatan Anda beberapa bulan terakhir, dan hilangkan perasaan tertekan dan stress yang Anda rasakan. Hal tersebut akan semakin menimbulkan gangguan pada keseimbangan hormonal yang menyebabkan siklus menstruasi menjadi semakin tidak teratur dan sulit untuk menentukan masa subur.

Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memperoleh buah hati adalah dengan melakukan hubungan seksual pada masa subur.

Bagaimanakah menghitung masa subur?

Masa subur adalah masa 14 hari +/- 2 hari sejak terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur matang dari indung telur) hingga hari pertama menstruasi berikutnya. Siklus menstruasi yang dipakai merupakan siklus menstruasi rata-rata yang dihitung selama minimal 3 bulan (lebih baik lagi bila 6 bulan). Apabila siklus haid Anda selalu teratur selama 30 hari, misal pada siklus antara tanggal 23 Juli-22 Agustus 2010 maka masa subur Anda jatuh pada tanggal 6-10 Agustus 2010.  Namun perlu Anda ketahui bahwa perhitungan ini hanya efektif apabila siklus menstruasi Anda teratur. Perhitungan hanya menggunakan 1 siklus kurang akurat.

Hubungan seksual yang dilakukan di sepanjang masa subur, maka kemungkinan pembuahan sangat meningkat. Adapun posisi hubungan yang paling baik adalah posisi misionaris (pria di atas). Selain itu, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mempersiapkan kehamilan, yaitu:

  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol

  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas

  • Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio

  • Asupan nutrisi yang adekuat, olahraga teratur, dan istirahat yang cukup

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar