Sukses

Tips Kehamilan Sehat

01 Nov 2015, 06:54 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dokter saya mau konsultasi saya kan udah 2x test peak hasilnya positif, klo pribadi sy htg mkn 3mgguan tp kata bidan udh 5 mggu. Gini dokter saya ditugaskan utk dampingi mhsiswa sy studytour slm 7 hari ke pulau jawa. Saya tdk bs menolak. Menurut dokter apakah janin sy akan aman slm diperjalnan dokter?? Saya diberi obat m bidan PREGNABION, FOLAVIT, VITONAL -M masing 2x1 .menurut dokter apakah obat ini saja cukup trs dosisnya apkh segitu cukup .tolong dokter dibantu krn sy tkt sekali ini kehamilan pertama saya. Terima kasih

 

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sebelumnya saya ucapkan selamat atas kehamilan Anda.

Saat ini, Anda tidak perlu terlalu khawatir terhadap kondisi kehamilan Anda. Yang perlu Anda perhatikan adalah untuk kontrol secara teratur dan memeriksakan kehamilan Anda. Anda juga perlu memperhatikan kondisi kesehatan Anda selama masa kehamilan ini dengan memperhatikan asupan nutrisi Anda selama kehamilan. Jika Ibu sehat, maka bayi pun akan sehat. Hindari aktivitas berlebihan atau stres berlebihan. Ibu juga perlu merasa rileks dan tenang dalam menghadapi kehamilan. 

Memang pada 20-30% wanita hamil terkadang dapat mengalami flek-flek perdarahan yang biasa terjadi di awal kehamilannya (3 bulan pertama kehamilan). Beberapa hal yang dapat menyebabkan timbulnya flek-flek selama kehamilan diantaranya adalah :

  • Melakukan hubungan seksual selama kehamilan. Biasanya flek-flek darah akan timbul setelah melakukan hubungan seksual saat hamil karena saat hamil serviks (leher rahim) wanita dialiri oleh lebih banyak darah dibandingkan oleh wanita yang tidak hamil, karena itu serviks wanita yang sedang hamil lebih mudah berdarah

  • Keguguran 

  • Kehamilan di luar kandungan (kehamilan ektopik)

  • Blighted Ovum (BO). Merupakan suatu kelainan dimana janin di dalam rahim gagal untuk berkembang

  • Infeksi saluran reproduksi oleh jamur, parasit, ataupun bakteri

  • Plasenta previa atau Solusio plasenta (pelesapan plasenta dari dinding rahim). Merupakan penyebab perdarahan yang biasanya terjadi pada trimester kedua atau ketiga kehamilan.

  • dll

Namun, jika hasil pemeriksaan Anda baik-baik saja maka Anda tidak perlu terlalu khawatir. Jika kehamilan Anda tidak bermasalah maka memang tidak diperlukan obat penguat. Jika flek-flek cukup mengkhawatirkan, sebaiknya Anda kembali ke dokter untuk memeriksakan diri kembali. Tetaplah memeriksakan kehamilan Anda ke dokter Anda karena diperlukan pemeriksaan langsung untuk mengevaluasi kondisi kehamilan Anda. Saat ini, Ibu perlu memperhatikan asupan nutrisi Ibu agar seimbang, terjaga kebutuhan kalorinya dan terpenuhi kebutuhan vitamin dan mineral.

Saya sertakan artikel: Ibu Sehat, Bayi Sehat untuk panduan makanan selama kehamilan.

Untuk panduan kesehatan Anda selama kehamilan Anda dapat mengunjungi Rubrik Kebidanan dan Kandungan yang kami miliki.

Semoga kehamilan Anda berjalan dengan baik, Ibu dan bayi sehat selalu.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar