Sukses

TB Tulang dan TB Paru

06 Nov 2015, 14:22 WIB
Wanita, 26 tahun.

dokter kalau tbc tulang belakang apa selalu berkaitan dgn tbc paru?apa setiap penderita tbc tulang belakang selalu terjangkit tbc paru?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com,
TB tulang belakang (spondilitis TB) merupakan peradangan bersifat kronik destruktif yang disebabkan dengan kuman Mycobacterium tuberculosis, yaitu bakteri yang sama dengan penyebab TB Paru. Umumnya spondilitis TB memang berasal dari penyebaran TB Paru (walaupun belum tentu terdapat gejala TB paru). Meskipun sebenarnya bakteri Mycobacterium tuberculosis dapat menyebar ke organ apa saja dalam tubuh melalui aliran darah, aliran kelenjar getah bening, dan mengenai jaringan di sekitarnya.
Prinsip dari penanganan TB tulang belakang adalah:
Pemberian obat anti tuberkulosis (OAT), untuk dekompresi susunan syaraf tepi atau melepaskan tekanan terhadap susunan syaraf tepi. Dapat dilakukan tindakan menggunakan korset sehingga dapat membatasi gerak tulang belakang dan melepaskan tekanan. Menghilangkan abses atau nanah yang dapat berada di tulang belakang Melakukan stabilisasi tulang belakang dengan graft/cangkok tulang. Sedangkan tindakan operasi dilakukan jika tindakan konservatif seperti: Tirah baring, pengobatan TB dan perbaikan keadaan umum tidak berhasil. Pada keadaan yang lebih lanjut, bisa saja terdapat abses atau nanah pada tulang belakang yang harus dikeluarkan (abses dapat diketahui dari pemeriksaan foto tulang, CT scan atau MRI).

Demikian informasi kami berikan. Semoga bermanfaat.
Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar