Sukses

Keguguran Berulang
03 Nov 2015, 14:32 WIB
Wanita, 29 tahun.

Selamat sore dok.... saya mau tanya, saya sudah menikah 4 th, pernah hamil setelah 3 th tapi bayi meninggal setelah 2 hari lahir (lahir caesar) karna kelainan jantung dan kelilit tali pusar. Setelah itu saya test darah (test torch, kekentalan darah, rhesus darah) tuk mengetahui penyebab kematian anak saya, hasil nya igg rubella positif trs dokter nyaranin terapi obat (acyclofil) 3 bulan. Tidak lama setelah itu hamil lg... jarak hamil setelah operasi 4 bulan tapi sayangnya usia 2,5 bulan meninggal di dalam rahim akhirnta di kuret... Yang saya tanyakan, saya ingin memiliki anak yg sehat.. apa saya harus melakukan test darah lagi, jarak hamil yg baik setelah kuret?

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Keguguran lebih atau sama dengan 3x disebut abortus habitualis, paling sering disebabkan oleh kelainan pada kromosom. Namun pada bebrapa kasus dapat disebabkan oleh :

1. kelainan pada pertumbuhan disebabkan oleh: kelainan kromosom, lingkungan kurang sempurna (lingkungan rahim tidak memberikan nutrisi cukup untuk si janin), pengaruh dari luar (obat-obatan, virus, radias)

2. Kelainan pada plasenta: terjadi kelainan pada pembuluh darah ari-ari, biasanya disebabkan oleh hipertensi pada ibu yang menahun

3. Penyakit ibu: beberapa penyakit dapat memperngaruhi kehamilan, seperti infeksi paru-paru, tifoid, infeksi saluran kemih, malaria. Anemia berat, serta penyakit infeksi TORCH , tiroid, diabetes, kelainan dari sistem pertahan tubuh. Penyakit yang disebut sebagai Anti phospholipid sindrom.

4. Kelainan pada organ kehamilan misalnya mulut rahim yang tidak kuat, atau kelainan pada dinding rahim

5. kelainan hormonal

6. Dapat juga disebabkan oleh keluhan emosional

Kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti USG dan laboratorium darah (TORCH, tiroid, antinuclearantibody (ANA), lab darah lengkap, pemeriksaan lab hormon, dsbnya) untuk mengetahui penyebab keguguran berulang Anda sehingga Anda dapat merencanakan kehamilan Anda berikutnya agar optimal.

Dokter spesialis Andrologi merupakan ahli yang menangani gangguan keseburuan pada pria. Hematologi merupakan ahli masalah gangguan pada darah. Sedangkan Imunologi merupakan ahli di bidang sistem imun manusia.

Pada kasus Anda sebaiknya ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan atauspesialis kandungan dan kebidanan subspesialis endokrinologi yang merupakan ahli dibidang gangguan kesuburan pada wanita.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar