Sukses

Alergi Pada Anak
02 Nov 2015, 15:49 WIB
Wanita, 1 tahun.

Waktu sy masih kasih asi...dulu sy suka makan seafood... lengan anak sy jadi merah dan berair gitu...sm di pipinya jg memerah....kata dokter anak sy alergi seafood.... Apakah sampai besar dia tdk bisa makan seafood?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.           

Menghindari banyak jenis makanan jika belum jelas terbukti sebagai penyebab alergi dalam jangka waktu lama sangat tidak dianjurkan. Karena masa bayi atau anak-anak adalah masa pertumbuhan pesat yang memerlukan banyak zat gizi. Lalu harus bagaimana?

Mungkin hal sederhana ini bisa kita lakukan yaitu yakinkan dulu penyebab alergi anak. Buatlah catatan jenis makanan apa saja yang menimbulkan reaksi. Kemudian lakukan tes provokasi ketika anak dalam kondisi sehat.

Cara melakukan tes provokasi:

Cobalah jenis makanan yang dicurigai menimbulkan reaksi alergi ke anak (misal: kulit kemerahan atau gatal). Jika setelah pemberian makanan tersebut tidak timbul reaksi apa-apa, berarti anak tidak alergi terhadap makanan itu. Sebaliknya jika timbul reaksi, berarti kemungkinan besar ia alergi terhadap makanan  itu. Jika sudah diketahui, sebaiknya jangan berikan makanan itu selama sekitar enam bulan.

Setelah itu, boleh dicoba lagi diberikan pada anak, tentu saat keadaannya sehat. Jika masih alergi, pantang lagi sekitar enam bulan berikutnya. Begitu seterusnya. Jika pada suatu tes provokasi tersebut kita menemui anak sudah tidak mengalami reaksi alergi lagi, berarti tubuhnya sudah bisa bersahabat dengan jenis makanan tersebut.

Jangan terlalu khawatir, biasanya alergi makanan pada anak akan hilang seiring bertambahnya usia, meski antara anak satu dengan lainnya tidak sama jangka waktunya.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,   

0 Komentar

Belum ada komentar