Sukses

Pencegahan Hepatitis B

30 Oct 2015, 14:39 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok saya mau tanya, ini saya dan teman2 masih ngontrak krn kami kuliah, dan kami drumah ada 8 org, tp salah satu dr teman kami baru saja tes darah dan hasilnya dia kena hepatitis b positif, kita sbg teman dirumah hrs brsikap kaya gmba ya dok, apa yg harus kami lakukan, apa yg harus kami hindari atau apa gitu, soalnya itu kan jg pnyakit menular dok .. Mohon segera direspon dok ..

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di Klikdokter.com 

Hepatitis (radang pada hati) B  adalah penyakit yang disebabkan oleh virus hepatitis B (VHB), yang dapat menyebabkan peradangan hati akut atau menahun yang pada sebagian kecil kasus dapat berlanjut menjadi sirosi hati atau kanker hati. Hepatitis B merupakan penyakit hepatitis yang paling sering terjadi yang jarang diketahui orang awam, padahal virus ini lebih infeksius 100 kali daripada HIV.  Virus hepatitis B menular melalui darah dan cairan tubuh yang terinfeksi, hal ini dapat terjadi pada keadaan;

  • Kontak langsung darah dengan darah
  • Hubungan seksual yang tidak aman
  • Penggunaan jarum suntik tidak steril
  • Tertusuk jarum suntik yang terinfeksi hepatitis B 
  • Jarum yang terkontaminasi yang digunakan untuk membuat tatto, akupuntur, body piercing
  • Pada saat kehamilan – penularan dari ibu-janin pada proses melahirkan
  • Penggunaan pisau cukur bersama
  • Tranfusi darah

Untuk menghindari penularan hepatitis B di lingkungan rumah Anda sebaiknya dilakukan vaksinasi hepatitis B. Menurut WHO, vaksin Hepatitis B dapat melindungi seseorang hingga 95%. Selain vaksinasi Anda juga harus menghindari faktor risiko penularan hepatitis B.

Saran kami untuk Anda dan teman-teman adalah melakukan pemeriksaan darah terlebih dahulu yaitu pemeriksaan Anti HBs dan HBsAg. Anti HBs merupakan antibodi spesifik untuk HBsAg, muncul di darah 1 sampai 4 bulan setelah terinfeksi virus hepatitis B. Anti HBs diinterpretasikan sebagai kekebalan atau dalam masa penyembuhan penyakit hepatitis B. Antibodi ini memberikan perlindungan terhadap penyakit hepatitis B.

Jika hasil Anti HBs dan HBsAg Anda negatif maka saat ini Anda belum memiliki antibodi untuk hepatitis B dan tidak terinfeksi Hepatitis B. Sehingga yang disarankan adalah melakukan vaksinasi hepatitis B untuk memberikan perlindungan terhadap penyakit hepatitis B. 

Namun jika Anti HBs Anda positif, berarti saat ini Anda sudah memiliki antibodi hepatitis B di dalam tubuh dan pemberian vaksinasi hepatitis B bisa dipertimbangkan dengan dokter Anda tergantung dari kadar antibodi di dalam tubuh Anda. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar