Sukses

Pencegahan Tertular Tuberkulosis

02 Nov 2015, 16:09 WIB
Pria, 20 tahun.

Selamat siang dok. Teman saya mempunyai penyakit tbc dan katanya telah sembuh. Namun kadang dia sering batuk keras. Saya baru tahu tahun kemarin dia bercerita, saat ini sudah berteman sekitar 5th dengannya. Apakah kemungkinan besar saya tertular, saya blm pernah batuk berdarah. Dan yang saya cemaskan dapat menularkan kepada keluarga terutama adik bayi saya. Dan bagaimana sikap kontal saya kepada teman saya, terimakasih dok.

 

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Kami dapat memahami kekhawatiran Anda saat ini. Tuberkulosis atau TBC adalah suatu penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini dapat menular melalui droplet mengandung kuman tuberkulosis, yang dikeluarkan oleh penderita tuberkulosis ke udara terutama saat batuk dan bersin. Kuman dalam droplet dapat bertahan dalam suhu kamar(25-30o), dan menginfeksi setiap orang yang menghirupnya dalam saluran pernapasan. Jadi droplet berbeda dengan air liur. Penggunaan alat makan bersama tidak serta-merta menularkan kuman TBC ini, kecuali telah terkontaminasi droplet dari penderita TBC sebelumnya.

Tindakan pencegahannya antara lain dengan penggunaan masker (terutama untuk penderita), dan memenuhi asupan nutrisi misalnya menambah konsumsi sayuran dan buah serta istirahat yang cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Beri pengertian kepada penderita agar senantiasa menutup mulut setiap batuk atau bersin, dan agar ia tidak tersinggung dengan tindakan Anda. Apabila Anda merasa takut sudah tertular, Anda bisa melakukan pemeriksaan tuberkulosis yang bisa mencakup pemeriksaan darah ataupun rontgen, Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter specialis penyakit dalam. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar