Sukses

Alergi Susu Sapi
02 Nov 2015, 10:57 WIB
Wanita, 3 tahun.

apa trmsuk alergi susu dok??

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Alergi susu sapi biasanya mulai timbul pada anak di bawah usia satu tahun. Gejalanya dapat terlihat tidak lama setelah pengenalan susu sapi yang pertama kalinya. Alergi ini mengenai 1 dari 50 bayi, di mana setengah di antaranya akan sembuh dalam waktu satu tahun. Gejala alergi akan menghilang setelah tiga tahun pada sebagian besar anak. Namun sayangnya, ada sebagian kecil populasi yang akan terus mengalami alergi susu sapi ini sampai dewasa.

Alergi susu sapi dapat mengenai tiga sistem, yaitu pencernaan, pernapasan, dan kulit. Gejala biasanya timbul dalam satu minggu setelah mengkonsumsi susu sapi. Ada reaksi yang timbul cepat (di bawah satu jam) dan reaksi lambat (di atas satu jam sampai satu minggu).

Gejala pada pencernaan dapat berupa kembung, nyeri perut, muntah, diare, diare berdarah, dan kolik. Sementara itu gejala pada saluran pernapasan adalah batuk, sesak napas, asma, hidung meler dan bersin-bersin dengan mata yang berair. Pada kulit dapat timbul bengkak pada mata dan bibir, ruam kemerahan yang gatal (dermatitis atopik), dan kaligata atau biduran.

Jika Anda mencurigai diare anak disebabkan oleh alergi susu sapi, kami sarankan Anda agar membawa anak berkonsultasi untuk diperiksa oleh dokter.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar