Sukses

Bentol pada Kulit

02 Nov 2015, 13:53 WIB
Pria, 28 tahun.

Kulit terasa gatal dengan disertai bentol2 berwarna putih dan keluar air bila pecah. Apakah gejala tersebut merupakan alergi? Bagaimana cara mengatasinya? Nama obat yang dibeli di apotik..

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Alergi adalah reaksi tubuh yang berlebihan terhadap benda asing tertentu atau yang disebut alergen. Apabila alergen masuk ke dalam tubuh seseorang, melalui berbagai cara, baik terhisap, tertelan, ataupun kontak dengan kulit, maka  sistem kekebalan tubuh seseorang yang memiliki alergi akan aktif dan menimbulkan reaksi yang berlebihan.

Seseorang dengan riwayat alergi tertentu dapat juga memiliki alergi terhadap beberapa hal. Dalam kasus Anda, Anda perlu memperhatikan dengan lebih teliti apa yang mungkin menjadi faktor pemicu timbulnya alergi   Anda. Anda perlu memperhatikan jenis-jenis makanan, kondisi udara, dll yang memicu timbulnya alergi  Anda.

Alergi tidak dapat hilang sepenuhnya, yang dapat dilakukan bagi penderita alergi adalah dengan melakukan pencegahan atau penghindaran dari materi-materi yang dapat menyebabkan alergi. Maka, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja yang dapat memicu timbulnya reaksi alergi Anda dan menghindarinya.

Untuk mengatasi alergi, memang tidak cukup hanya dengan obat-obatan, namun perlu diketahui faktor pencetus dan menghindarinya, termasuk alergen makanan dan inhalan. Apakah faktor pencetus yang menyebabkan Anda mengalami alergi? Bila telah menemukannya, maka  Anda harus menghindarinya. Obat-obatan yang diberikan dokter hanya merupakan penunjang untuk mengurangi gejala. Gejala alergi tetap akan timbul selama faktor yang menyebabkannya tidak diatasi.

Namun untuk mengetahui apakah keluhan kulit Anda disebabkan oleh alergi atau bukan, dibutuhkan pemeriksaan kulit lebih lanjut secara langsung. Barulah ditentukan penanganannya. Untuk itu kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin. 

Untuk menambah wawasan anda seputar alergi, anda dapat membaca artikel berikut ini : Alergi

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar