Sukses

Keluar Flek, Apakah Keguguran?

02 Nov 2015, 16:34 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok saya mau tnya...saya ssang hmil 10mggu...kmrn saya biz brprgian naek mtr...trz wktu plg sya mngeluarkan brcak drah sprti flek..da gumpalan drahnya tp sdkt.trs sya prksa k doktr ktnya trancam kguguran...dan debay blm da denyut jntung...udh 2hr neh brcak drah sya blm jg hlang..pa sya bner2 mengalami keguguran dok...mohon jwbnnya trims...

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Flek-flek berwarna coklat kehitaman merupakan gambaran yang menunjukkan adanya perdarahan ringan pada sistem reproduksi Anda.

Penting untuk diketahui bahwa semua bentuk perdarahan yang keluar dari kemaluan wanita (vagina) yang sedang dalam kondisi hamil perlu mendapatkan perhatian lebih. Flek-flek tersebut bisa jadi merupakan suatu pertanda adanya masalah serius dan berbahaya bagi kehamilan Anda. Memang pada 20-30% wanita hamil terkadang dapat mengalami flek-flek perdarahan yang biasa terjadi di awal kehamilannya (3 bulan pertama kehamilan). Beberapa hal yang dapat menyebabkan timbulnya flek-flek selama kehamilan diantaranya adalah :

  • Melakukan hubungan seksual selama kehamilan. Biasanya flek-flek darah akan timbul setelah melakukan hubungan seksual saat hamil karena saat hamil serviks (leher rahim) wanita dialiri oleh lebih banyak darah dibandingkan oleh wanita yang tidak hamil, karena itu serviks wanita yang sedang hamil lebih mudah berdarah

  • Keguguran

  • Kehamilan di luar kandungan (kehamilan ektopik)

  • Blighted Ovum (BO). Merupakan suatu kelainan dimana janin di dalam rahim gagal untuk berkembang

  • Infeksi saluran reproduksi oleh jamur, parasit, ataupun bakteri

  • Plasenta previa atau Solusio plasenta (pelesapan plasenta dari dinding rahim). Merupakan penyebab perdarahan yang biasanya terjadi pada trimester kedua atau ketiga kehamilan.

  • dll

Tetaplah memeriksakan kehamilan Anda ke dokter Anda. Dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan, seperti pemeriksaan USG dan pemeriksaan darah untuk memastikan bahwa Anda dan bayi dalam kandungan dalam kondisi sehat dan menyingkirkan berbagai hal yang mungkin menjadi penyebab terjadinya perdarahan tersebut.

Dokter akan memberikan terapi sesuai dengan penyebab timbulnya flek-flek darah pada Anda. 

Sepertinya Ibu mengalami proses yang dinamakan sebagai proses keguguran yang mengancam (abortus imminens) yang bisa saja berakhir dengan keguguran sebagian hasil konsepsi (abortus inkompletus) atau seluruh hasil konsepsi sudah keluar (abortus kompletus). Tetapi abortus imminens juga masih bisa dipertahankan jika kehamilannya berkembang normal dengan cara istirahat baring total dan pemberian obat-obat penguat rahim dan untuk menghilangkan kontraksi rahim yang umumnya terjadi. Penyebab abortus ada banyak antara lain : kelainan kromosom, kelainan bentuk rahim, kekurangan hormon progesteron, infeksi, kelainan darah (kekentalan darah atau yang disebutkan " anti phospolipid syndrome"), masalah imunologik,dll.

Beberapa tips yang dapat Kami berikan untuk menjaga kesehatan kehamilan anda dan mencegah terjadinya keguguran yang berulang antara lain:

  • Dengan adanya riwayat keguguran pada kehamilan sebelumnya, sebaiknya anda lebih ketat dalam memantau kehamilan anda saat ini. Dengan pemeriksaan kehamilan yang teratur, kondisi anda dan janin anda dapat terus terpantau oleh dokter, sehingga adanya kelainan dalam kehamilan dapat dideteksi secara dini.
  • Ubahlah pola hidup anda menjadi lebih sehat dengan memakan makanan bergizi seimbang
  • Konsumsi asam folat dan vitamin sesuai kebutuhan dalam kehamilan
  • Istirahat teratur
  • Berhenti merokok (termasuk suami anda) dan minum alkohol  
  • Hindari mengkonsumsi obat-obatan yang dijual bebas. Minumlah obat sesuai indikasi dari dokter.

 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar