Sukses

Alergi Pada Saat Dewasa

28 Oct 2015, 15:39 WIB
Pria, 17 tahun.

Saya periksa ke dokter THT tentang gangguan hidung saya yang mudah tersumbat bersama ortu saya.Dokter meriksa saya lebih lanjut dengan memasukkan alat seperti salah satu lengan stetoskop dan diujungnya ada kamera kecil dan dilihat di tv kecil.Di tv terlihat di rongga hidung saya ada benjolan yang menggantung seukuran 2 biji jagung.Dokter menyimpulkan saya ada alergi hawa dingin.Yang ingin saya tanya benarkah itu alergi atau sekedar infeksi? Saya meragukan itu alergi karena kenapa tidak dari saya kecil saya kena alergi hidung seperti ini? Mohon pendapat dan solusinya dok. NB:Hidung saya mulai mudah tersumbat sejak saya diopname karena asam lambung dan di ruangan tempat saya diopname ber-AC dan saat itu saya ingusan.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.           

Hidung tersumbat terjadi ketika mukosa hidung mengalami peradangan (rinitis). Peradangan tersebut biasanya juga diikuti dengan hiperiritabilitas (hidung sensitif) dan hipersekresi (hidung meler).

Penyebab

Beberapa sebab yang sering mengakibatkan hidung tersumbat adalah:

  • Alergi
  • Infeksi virus maupun bakteri (termasuk infeksi sinus)
  • Non alergi dan non infeksi seperti: rinitis vasomotor, rinitis medikamentosa, dan polip hidung

Jenis Hidung Tersumbat

  • Alergi
    Pada hidung tersumbat karena alergi, biasanya penderita mengalami gejala bersin-bersin, gatal, ingus yang encer dan jernih, dan hidung tersumbat. Jenis rinitis ini juga biasanya dicetuskan oleh suatu kondisi setelah terpapar suatu zat yang membuat alergi.
  • Infeksi
    Pada hidung tersumbat yang disebabkan oleh infeksi, ada 2 jenis mikroorganisme yang biasa menyerang, yaitu virus dan bakteri. Pada rinitis yang disebabkan oleh virus, biasanya gejala meler dan hidung tersumbat juga disertai nyeri kepala, badan pegal-pegal, dan batuk. Sementara rinitis yang disebabkan oleh bakteri biasanya disertai ingus yang berwarna kuning kehijauan.
  • Sinusitis
    Sinusitis merupakan radang yang terjadi pada rongga sinus. Radang sinus biasanya didahului oleh infeksi di daerah saluran pernapasan atas. Gejala yang paling dominan dirasakan berupa nyeri kepala dan nyeri di daerah wajah dan gigi, ingus berwarna kuning kehijauan, hidung tersumbat atau sensasi wajah terasa penuh, dan napas berbau.
  • Rinitis vasomotor
    Adalah jenis peradangan mukosa hidung yang dicetus oleh perubahan suhu, stres, maupun konsumsi alkohol sehingga mengakibatkan gejala dominan hidung tersumbat, keluar ingus jernih dan bersin.
  • Polip hidung
    Merupakan pertumbuhan mukosa hidung yang berlebihan karena iritasi mukosa jangka panjang. Polip hidung dapat diakibatkan oleh rinitis yang berlangsung lama tanpa diobati, sehingga mengalami perubahan anatomi hidung. Gejala yang dirasakan biasanya adalah sumbatan pada hidung yang terbentuk polip, gangguan penciuman, nyeri kepala dan mendengkur.

Hindari Pencetus Alergi

Cara menghindari pencetus alergi yang dapat mengakibatkan rinitis:

  1. Turunkan kelembaban udara sampai di bawah 50%
  2. Cuci sprei dan bed cover dengan air panas untuk membunuh tungau
  3. Hindari penggunaan karpet dan binatang peliharaan di dalam rumah
  4. Basmi serangga-serangga dalam rumah, terutama kecoa
  5. Bungkus bantal, guling dan tempat tidur dengan pembungkus hipoelergi untuk proteksi dari tungau debu

   Alergi dapat terjadi baik sejak janin masih berada di dalam kandungan maupun di berbagai macam rentang usia. Pada umumnya alergi timbul di usia kanak-kanak, namun kejadian paling sering  terjadi di usia dewasa. Penyebab sensitifnya seseorang terhadap alergen tertentu dan berlebihannya produksi IgE akibat terkena alergen masih belum diketahui penyebabnya. Diperkirakan hubungan yang paling sering adalah faktor keturunan. Alergi dapat diturunkan dari orang tua ke anak. Apabila kedua orang tua tidak memiliki riwayat alergi, maka risiko anak memiliki alergi sebesar 15%. Apabila salah satu dari kedua orang tua anak memiliki alergi, maka risiko meningkat menjadi 30% dan 60% bila alergi dimiliki oleh kedua orang tua.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,                   

    0 Komentar

    Belum ada komentar