Sukses

Benjolan Di Ketiak

29 Oct 2015, 11:27 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dok,ada benjolan di ketiak saya,awalnya saya kira itu adalah bisul,tapi sepertinya tidak,karena tidak berwarna kuning ataupun merah,kira kira itu kenapa a dok? lalu obat apa yang bisa saya beli dok? benjolan ini sakit dan nyeri tapi tidak merah dok,terimakasih.

Terima kasih atas kesetiaan Anda dalam menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Penyebab tersering timbulnya benjolan di daerah ketiak adalah akibat adanya pembesaran kelenjar getah bening (KGB). Pembesaran KGB ini dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah limfadenopati. KGB sendiri adalah salah satu komponen pertahanan tubuh, yang akan membesar bila ada serangan kuman dari luar, misalnya akibat adanya proses infeksi dari organ-organ disekitarnya ataupun adanya infeksi sistemik dalam tubuh. Kebanyakan pembesaran kelenjar getah bening tidak berbahaya (jinak) dan hanya sebagian kecil pembesaran yang tidak dapat dijelaskan sebabnya merupakan keganasan (kanker). Pembesaran kelenjar getah bening ini dapat berbahaya bila dikuti dengan tanda-tanda keganasan seperti berat badan turun, benjolan bertambah besar dengan cepat, penyebaran kanker dari tempat lain, umur lebih dari 50 tahun dan adanya riwayat keganasan dalam keluarga.

Seringpula, benjolan bernanah dapat  berupa hidraadenitis supurativa. Yaitu kondisi benjolan bernanah yang berukuran dari sebesar kacang hingga sebesar bola kasti, nyeri dan dapat terjadi menahun. Seringkali mengenai daerah seperti ketiak, payudara, lipat paha, lipat pantat di mana banyak terdapat kelenjar keringat apokrin dan kelenjar sebasea.

Untuk memastikan penyebab timbulnya benjolan pada ketiak Anda, Kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan benjolan tersebut ke dokter umum atau dokter spesialis penyakit dalam. Mungkin dokter akan melakukan biopsi (pengambilan jaringan) pada benjolan tersebut untuk diperiksa dibawah mikroskop guna mengetahui jenis sel-sel yang terdapat pada benjolan tersebut. Dengan melakukan pemeriksaan tersebut, dokter dapat mengetahui mengetahui penyebab pastinya sehingga dokter dapat memberikan pengobatan yang tepat sedini mungkin.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar