Sukses

Pengobatan Dermatitis

28 Oct 2015, 16:02 WIB
Pria, 24 tahun.

apakah solusi terbaik mengobati eksim/dermatitis kering pada muka,tangan, pundal, sudah menyebar.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.           

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Eksim di dalam dunia kedokteran dikenal dengan dermatitis adalah peradangan pada kulit yang ditandai dengan gejala gatal, kemerahan (rash) atau bentol. Dermatitis disebabkan oleh berbagai macam hal, diantaranya adalah alergen (zat penyebab alergi), bahan kimia, dan sebagainya. izinkan kami dapat mengkonfirmasi beberapa data untuk menentukan apa pencetus dari dermatitis ini :
- Apakah Anda berkontak dengan sabun baru atau shampo baru atau body lotion baru?
- Apakah Anda memiliki alergi terhadap makanan atau dingin atau debu?

Beberapa tipe dermatitis yang ada adalah:

Dermatitis atopik: salah satu jenis eksim yang paling sering dijumpai dan merupakan penyakit turunan. Dermatitis atopik umumnya dimulai ketika bayi dan masih anak-anak dengan gejala berupa gatal, radang kulit.

Dermatitis kontak: meliputi dermatitis kontak alergik dan iritan. Dermatitis kontak alergik disebabkan oleh reaksi kekebalan tertunda (delayed immune system) akibat kontak kulit dengan senyawa alergenik sehingga menyebabkan radang kulit dalam 48 jam setelah paparan terjadi. Dermatitis kontak iritan terjadi karena paparan senyawa iritan yang dapat merusak kulit secara kimiawi, contohnya sabun keras, detergen, dan produk pembersih lainnya. Senyawa iritan tersebut dapat menghilangkan minyak dan kelembaban dari lapisan luar kulit, kemudian merusak lapisan pelindung dan memicu terjadinya peradangan.

Eksim numular: beberapa plak eksim yang biasanya berhubungan dengan kulit kering dan terjadi pada bagian luar dari kaki, tangan, dan lengan.

Eksim stasis: jenis eksim kronis pada daerah bawah kaki bagian dalam yang berkaitan dengan varises.


Dermatitis dapat diatasi dengan salep kortikosteroid, tergantung dari keparahannya, dapat berupa kortikosteroid lemah (hidrokortisaon) atau kortikosteroid sedang (flumetason). Namun yang  paling penting dari pengobatan dermatitis ini adalah Anda harus mengetahui apa pencetusnya. Apabila diobati namun tidak mengetahui apa pencetus dari dermatitis, maka penyakit ini akan berulang dan kambuh kembali. Oleh karena itu kami sarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin agar dapat dilihat dan diperiksa secara langsung uji kelainan kulitnya. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

    0 Komentar

    Belum ada komentar