Sukses

Darah Yang Keluar Saat BaB

02 Nov 2015, 13:21 WIB
Wanita, 20 tahun.

dok saya gupita, saya mau tanya saya baru saja sembuh dari muntaber dan sejak dari priksa itu selama dua hari saya tidak bisa bab dan tadi pagi saya sudah bab itu susah keluarnya dan disertai darah yang cukup banyak. itu kenapa ya dok ? terimakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.           

Mungkin Anda menderita wasir. Atau dalam ilmu kedokteran disebut Haemorhoid.  Hemorrhoid merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus.    Hemoroid dicetuskan oleh beberapa faktor risiko, salah satunya adalah sembelit atau konstipasi. 

Sembelit merupakan salah satu faktor risiko timbul kembalinya hemoroid, karena itu Anda perlu menangani hal ini. Untuk mengatasi sembelit, terdapat beberapa hal yang perlu Anda lakukan, antara lain:

  • Makan makanan berserat tinggi setiap hari (sayur dan buah, sereal, suplemen serat, dll)
  • Minum, setidaknya 8 gelas per hari
  • Menggunakan pelunak tinja atau laksatif (obat pencahar). Penggunaan obat-obat ini untuk jangka lama sebaiknya dikonsultasikan dulu ke dokter.
  • Jangan menunda BAB dan hindari mengedan terlalu keras.

Selain itu, Anda juga perlu menjaga kebersihan daerah anus, menghindari penggunaan celana ketat, dan sebaiknya rajin berolahraga. Ibu juga dapat mencoba, berendam duduk di dalam air hangat selama 10 menit, beberapa kali dalam sehari, menggunakan es batu pada wasir, atau menggunakan krim wasir untuk mengatasi gejala.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar