Sukses

Mual Muntah Di Usia Kehamilan 5 Bulan
02 Nov 2015, 12:02 WIB
Wanita, 23 tahun.

Mohon maaf pertanyaan sy yg kmrin salah ketik, dok sy msh mengalami morning sickness di usia kehamilan masuk 5 bulan, itu penyebabnya knp ya? Bnyak yg blg mual dan muntah itu akan hilang setelah usia kehamilan 4bln,mohon jawabannya. Trmksih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mual dan muntah merupakan gejala yang wajar ditemukan pada kehamilan triwulan pertama. Biasanya mual dan muntah terjadi pada pagi hari sehingga sering dikenal dengan morning sickness. Sementara setengah dari wanita hamil mengalami morning sickness, 1,5 – 2 % mengalami hiperemesis gravidarum, suatu kondisi yang lebih serius. Hiperemesis gravidarum sendiri adalah mual dan muntah hebat dalam masa kehamilan yang dapat menyebabkan kekurangan cairan, penurunan berat badan, atau gangguan elektrolit sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari dan membahayakan janin di dalam kandungan. Pada umumnya HG terjadi pada minggu ke 6 - 12 masa kehamilan, yang dapat berlanjut sampai minggu  ke 16 – 20 masa kehamilan. 

Jadi wajar jika keluhan ini masih terjadi diusia kehamilan Anda. Tapi jika mual dan muntah terus berlangsung hingga tidak bisa masuk makanan maka sebaiknya periksakan diri Anda ke Dokter spesialis Kandungan Anda. Karena jika itu terjadi bisa menyebabkan janin dalam kandungan bisa kekurangan nutrisi.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,   

0 Komentar

Belum ada komentar