Sukses

Menentukan Usia Kehamilan

27 Oct 2015, 15:40 WIB
Wanita, 23 tahun.

dok saya mau tahu untuk masa kandungan.. saya terakhir haid tgl 4,kmudian saya brhubungan tgl 11 dan kmrn saya tes hasil positif. saya blm cb cek usg.kira -kira sudah masuk berapa minggu ya dok.terima kasih

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Pertama-tama kami ucapkan selamat atas kehamilan Anda. Yang dimaksud dengan hari pertama haid terakhir, jika dalam kasus Anda adalah tgl 4 Oktober. Bagaimana dengan siklus haid Anda selama ini? Apakah siklus haid Anda berkisar 28 hari?

Jika berdasarkan informasi yang Anda sebutkan, kemungkinan usia kehamilan Anda saat ini adalah 3-4 minggu. Sudahkah Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan?

Beberapa cara lain yang biasa digunakan dokter untuk menentukan usia kehamilan adalah:

Tinggi puncak rahim

Biasanya, dokter akan meraba puncak rahim (Fundus uteri) yang menonjol di dinding perut dan penghitungan dimulai dari tulang kemaluan. Jika jarak dari tulang kemaluan sampai puncak rahim sekitar 28 cm, ini berarti usia kehamilan sudah mencapai 28 minggu. Tinggi maksimal puncak rahim adalah 36 cm, ini menunjukkan usia kehamilan sudah mencapai 36 minggu.

Menggunakan ultrasonografi (USG)

Cara ini paling mudah dan paling sering dilakukan oleh dokter. Tingkat akurasinya cukup tinggi, yakni sekitar 95%. Dengan USG maka usia kehamilan dan perkiraan waktu kelahiran si kecil bisa dilihat dengan jelas melalui “gambar” janin yang muncul pada layar monitor.

Untuk itu, berkunjunglah dengan teratur ke dokter Anda untuk memeriksakan kehamilan Anda. Anda juga dapat mengunjungi Rubrik Kebidanan dan Kandungan yang kami miliki untuk panduan informasi lengkap Ibu selama kehamilan. 

Berikut kami sertakan pula beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Ibu Sehat, Bayi Sehat

6 Makanan Wajib Untuk Ibu Hamil

Musik Pada Bayi Dalam Kandungan

USG Ketika Kehamilan? Kenapa Penting Sih?

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam, 

    0 Komentar

    Belum ada komentar