Sukses

Kejang Saat Tidur

28 Oct 2015, 10:39 WIB
Pria, 22 tahun.

Assalamualaikum Wr. Wb. selamat pagi dok !! dok, sayang ingin menanyakan mengenai kejang - kejang ketika waktu tidur. ketika saya tidur dimalam hari, orang tua sayang mengatakan kalau saya kejang - kejang. apakah itu epilepsi atau bagaimana ?? padahal saya tidak punya riwayat seperti itu, dikeluarga pun tidak ada. dan ketika sehabis kejang - kejang dipagi hari itu badan sayang terasa deman, kepala pusing, badan pegal - pegal, ingin muntah & tidak nafsu makan. kejadian ini sudah hampir terjadi 1th yang kalu. dan waktu kejang pun hanya terjadi waktu tidur dimalam hari saja. bagaimana solusi untuk menyembuhkannya dok ?? mohon bantuannya, sekian & terimakasih.

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, ada beberapa hal yang perlu saya konfirmasi. Keluhan Anda adalah kejang tiba-tiba pada saat tidur? Apakah yang Anda maksudkan kejang seluruh tubuh atau kedutan otot pada salah satu bagian tubuh saja (misal: kaki atau tangan saja)? Pada saat keluhan Anda terjadi, apakah Anda sadar atau tidak sadar?

Jika keluhan Anda hanya berupa kedutan otot pada salah satu bagian tubuh maka nampaknya, keluhan yang Anda maksudkan disebut dengan kedutan atau kejang otot dan hypnic jerks atau dikenal dengan mioklonus positif. Mioklonus positif adalah gerakan involunter (tidak sadar) kontraksi mioklonus (otot) yang muncul selama tahapan hypnagogia, yaitu kondisi dimana seseorang sedang mulai jatuh tertidur. Umumnya hypnic jerk ini akan diikuti rasa ingin terjatuh atau kaget ketika bangun tidur. Hal ini umumnya terjadi karena tidak teraturnya waktu tidur. Hypnic jerk biasanya dirasakan 1-2 kali dalam waktu semalam, dapat timbul dalam kondisi tidur yang normal. Hal ini lebih sering terjadi bagi mereka yang kurang tidur lebih dari 24 jam atau mereka yang terbangun padahal waktu tidur mereka masih kurang.

Namun, jika yang Anda alami adalah kejang pada seluruh bagian tubuh, maka sebaiknya Anda mengunjungi dokter spesialis saraf untuk pemeriksaan lebih lanjut. Mungkin diperlukan pemeriksaan elektromiografi (EMG) atau elektroensefalografi (EEG).

Oleh karena itu, kami sarankan agar Anda berkonsultasi kepada dokter saraf.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar