Sukses

Jeruk Nipis Memutihkan Kulit?

28 Oct 2015, 11:04 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dokter mau tanya apa bener kalo jeruk nipis itu bisa memutihkan kulit selakangan dan bokong ?

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Daerah selangkangan berwarna kehitaman di dalam dunia kedokteran disebut dengan hiperpigmentasi  Izinkan kami menjelaskan tentang berbagai penyebab dari keluhan ini. Hiperpigmentasi ini dapat dicetuskan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah perubahan hormonal, pemakaian pil KB (bagi wanita), kurang terjaga kebersihan, atau seringnya terjadi gesekan antar kulit.

Akibat faktor pencetus ini maka akan terjadi peningkatan produksi pigmen pada melanosit. Peningkatan produksi pigmen pada sel kulit akan menyebabkan area kulit menjadi lebih gelap daripada sekitarnya.

Selangkangan hitam juga dapat disebabkan oleh Candidiasis yang merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Dermatitis kruris merupakan peradangan pada kulit di daerah selangkangan. Kedua penyakit kulit tersebut menimbulkan gejala gatal. Kondisi yang Anda alami mungkin saja disebabkan salah satu dari kedua diagnosis tersebut. Diagnosis penyakit kulit tersebut dapat ditegakkan setelah dilihat secara langsung. Umumnya kondisi ini dicetuskan oleh kondisi daerah sekitar anus dan kemaluan yang tidak terjaga kebersihannya dan selalu lembab. Obat untuk kedua penyakit ini berbeda. Kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter untuk mengatasi penyakit ini. Untuk sementara, sebaiknya Anda menjaga kebersihan daerah kemaluan dan sering berganti pakaian dalam.

Selain itu memutihkan selangkangan juga dapat dilakukan melalui beberapa tindakan seperti laser maupun mikrodermabrasi. Hingga saat ini belum terbukti secara medis bahwa jeruk nipis dapat memutihkan kulit selangkangan dan bokong. Kami tidak menganjurkan Anda untuk menggunakannya terlebih jika Anda memiliki luka terbuka pada area selangkangan dan bokong karena ditakutkan dapat menyebabkan iritasi. Anda dapat mengkonsultasikan permasalahan tersebut ke dokter terkait. Kami lampirkan berbagai artikel kesehatan untuk Anda baca:

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar