Sukses

Dermatitis Tangan

28 Oct 2015, 11:30 WIB
Wanita, 30 tahun.

Seminggu belakangan ini sela jari tangan kiri saya kering dan kasar. Lama2 jadi kemerahan dan agak perih apalagi setelah cuci tangan. Kira2 kenapa ya dok? Apa sabun cuci tangannya tidak cocok ya? Kayanya tangan sebelah kanan jg mulai kering. Saya pakai lotion jg kok setelah mandi, dan seumur hidup baru kali ini ngalamin seperti ini. Rasanya jg tidak gatal sih cuma kasar aja kalo dipegang dan agak kemerahan

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Kemungkinan Anda mengalami dermatitis kontak alergi atau iritan pada tangan.

Dermatitis kontak adalah peradangan pada kulit terjadi karena kulit telah terpapar oleh bahan yang mengiritasi kulit atau menyebabkan reaksi alergi, misalnya sabun, dll.

Dermatitis kontak akan menyebabkan kulit kering, pecah-pecah, timbul ruam yang besar, gatal dan rasa terbakar. Gejala ini akan bertahan sampai berminggu-minggu. Gejala dermatitis kontak akan menghilang bila kulit sudah tidak terpapar oleh bahan yang mengiritasi kulit tersebut atau kondisi lain yang memicu timbulnya gejala (dalam kasus ini Anda harus mencari faktor pemicu).

Untuk membantu mengatasi gejala sebaiknya diberikan terapi topikal dengan steroid. Terapi ini harus diresepkan oleh Dokter dan dijalankan sesuai petunjuk Dokter. Sementara itu yang dapat Anda lakukan adalah menghindari pemicu, menghindari penggunaan air panas pada kulit, dan memberikan pelembab (moisturizer).

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar