Sukses

Bekas Luka Operasi Menjadi Keras

28 Oct 2015, 23:41 WIB
Wanita, 45 tahun.

Siang, Dok saya mau tanya, sekitar 3 minggu yang lalu saya melakukan operasi FAM usia saya 23 tahun, hasil tes patologi adalah tumor jinak. Setelah operasi di bagian bekas luka operasi terasa agak keras, tapi tidak ada keluhan apapun, apakah itu memang normal? terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga,

Luka bekas operasi yang menjadi keras pada perabaan dapat berupa keloid atau dapat juga berupa sikatriks hipertrofi dimana jaringan fibrosa kulit tumbuh lebih banyak dari seharusnya. Keduanya memiliki karakter yang mirip, berupa penonjolan jaringan kulit di atas bekas luka. Bedanya, pada koloid jaringan yang tumbuh berlebih ini akan melebar melewati batas luka operasinya, sedangkan pada sikatriks hipertrofi jaringan hanya tumbuh di atas bekas luka. Pertumbuhan jaringan yang berlebih ini dapat disertai dengan sensasi gatal dan kemerahan.

Pada sikatriks hipertrofi, jaringan berlebih umumnya timbul satu bulan setelah terbentuk luka operasi, sedangkan pada keloid jaringan tumbuh 3 bulan sampai 1 tahun setelah luka terbentuk. Umumnya sikatriks hipertrofi akan berkurang dengan sendirinya seiring dengan waktu. Namun untuk menghilangkannya, terapi yang digunakan sama seperti yang digunakan pada keloid. Terapi yang dapat digunakan diantaranya radiasi,laser,penyuntikan di jaringan tersebut, terapi interderon, sampai dengan operasi pengangkatan jaringan, dan sebagainya.

Akantetapi untuk memastikan bahwa luka operasi yang anda maksudkan adalah benar keloid atau sikatriks hipertrofi, diperlukan pemeriksaan fisik langsung oleh dokter. Olehkarena itu, apabila yang Anda alami cukup mengganggu, kami menyarankan sebaiknya Anda mengkonsultasikannya langsung kepada dokter spesialis kulit dan kelamin untuk menentukan terapi yang paling sesuai dengan kondisi anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar