Sukses

Terlalu Banyak Minum Alkohol
02 Nov 2015, 08:08 WIB
Wanita, 23 tahun.

Selamat Pagi, Dok. Saya seorang yang suka mengonsumsi bir. apa ada pengaruh buruk bagi kesehatan saya sebagai perempuan? Terima Kasih Dok

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol tidak baik untuk kesehatan, karena dapat menimbulkan berbagai dampak, seperti :

1. Anemia

Terlalu banyak minuman beralkohol dapat menurunkan kadar hemoglobin dalam darah (sel darah merah yang mengangkut oksigen).

2. Kanker

Konsumsi minuman beralkohol dalam jumlah banyak secara rutin dapat meningkatkan risiko kanker mulut, tenggorokan, pita suara, hati, payudara, dan usus besar. RIsiko semakin meningkat jika peminum juga perokok berat.

3. Penyakit jantung

Terlalu banyak minuman beralkohol dapat membuat trombosit menjadi lebih mudah menggumpal, sehingga menimbulkan gumpalan darah yang dapat menyumbat pembuluh darah, sehingga berisiko meningkatkan serangan jantung.

4. Sirosis

Minuman beralkohol dapat menyebabkan sirosis atau pengerasan hati,  yang pada akhirnya dapat juga berujung kepada kanker hati.

5. Demensia

Peminum berat berisiko terkena penyusutan otak yang lebih cepat dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi alkohol berlebihan, sehingga mengakibatkan penurunan daya ingat / demensia.

6. Gout

Alkohol dapat meningkatkan risiko kambuhnya gout atau asam urat.

7. Darah tinggi

Terlalu banyak konsumsi alkohol dapat meningkatkan tekanan darah.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar