Sukses

Mengobati Bisul

02 Nov 2015, 07:43 WIB
Pria, 23 tahun.

Selamat pagi, Dok. Beberapa minggu terakhir saya mengalami bisul dan saya pergi ke apotik untuk membeli obat. setelah diminum memang ada perubahan tetapi ketika akan sembuh, timbul lagi di tempat yang lain. Ini yang ke tiga,tetapi agak lain karena bisulnya hanya bengkak dan tidak ada tanda untuk pecah. sakitnya luar biasa. Apa ada solusi lain, Dok? apa ada makanan dan minuman yang harus dipantang? Terima kasih Dok.

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Izinkan kami menjelaskan tentang bisul dan penanganannya. Bisul merupakan salah satu infeksi akibat bakteri (yang paling sering adalah jenis streptococcus dan staphylococcus). Umumnya bisul atau dalam bahasa kedokteran disebut dengan furunkel dicetuskan oleh kondisi kulit yang kurang terjaga kebersihannya, lembab, atau terdapat gangguan kekebalan tubuh.

Pada umumnya bisul dimulai sebagai daerah yang memerah. Seiring waktu, daerah itu menjadi tegas, keras, dan lembut. Akhirnya, pusat mendidih lembut dan menjadi penuh dengan melawan infeksi sel darah putih dari aliran darah untuk membasmi infeksi. Ini kumpulan sel darah putih, bakteri, dan protein dikenal sebagai nanah. Akhirnya, nanah dapat operasi dibuka atau secara spontan mengalir keluar melalui permukaan kulit.

Obat untuk mengobati bisul, sesuai dengan penyebabnya, adalah antibiotik yang diberikan atas pengawasan dokter, antibiotik tersebut bisa berupa topikal (dioleskan) ataupun oral (tergantung jenis furunkel). Namun sesudah diberikan antibiotik, guna mencegah bisul tersebut kambuh kembali, disarankan untuk menjaga kebersihan daerah tersebut. 

Di manakah lokasi bisul tersebut? Karena ada sejenis bisul yang umumnya berlokasi di ketiak atau di sekitar bokong yang berbeda dan memerlukan penganan khusus.

Namun untuk menegakkan diagnosis pasti, diperlukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter. Oleh karena itu, kami sarankan agar Anda berkonsultasi kepada dokter untuk diperiksa langsung dan mendapatkan pengobatan lebih lanjut.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar