Sukses

Silau Melihat di Malam Hari
28 Oct 2015, 08:48 WIB
Pria, 0 tahun.

silau saat melihat sinar motor di malam hari

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Pada dasarnya pengelihatan manusia pada siang hari lebih baik dri malam hari. hal ini disebabkan jumlah sel yang berperan pada proses pengelihatan malam hari (sel batang) tidak sebanyak pada siang hari (selkerucut). Namun seharusnya keadaann ini tidak mempengaruhi fungsi pengelihatan anda. Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, salah satu kemungkinan yang terjadi adalah Anda mengalami gangguan pada mata yang disebut dengan Rabun Senja. Rabun senja atau nyctalopia merupakan kondisi dimana sulit atau tidak dapat melihat di kala malam atau di cahaya yang redup. Hal ini disebabkan oleh rusaknya/gangguan pada sel batang di retina. Sel batang bertanggungjawab terhadap penglihatan mata saat cahaya redup/ gelap. 

Rabun senja dapat terjadi karena kongenital (bawaan), rabun dekat (hipermetropia) yang tidak dikoreksi, penyakit mata (retinitis pigmentosa, glaukoma, katarak), dan defisiensi (kekurangan) vitamin A. Anda dapat mengetahui apakah ini kongenital atau bukan dengan melihat adakah dari keluarga yang menderita rabun senja, atau dalam istilah awamnya adalah rabun ayam. Kekurangan vitamin A juga salah satu penyebab tersering dari rabun senja. Vitamin A diperlukan oleh mata untuk melihat.

Selain itu, kemungkinan lain adalah adanya katarak pada mata. Keluhan yang biasanya muncul pada mata katarak adalah pengelihatan menjadi kabur, berkabut dan lebih silau bila melihat cahaya terang. Katarak ini umumnya diderita orang yang berusia lanjut, atau memiliki penyakit metabolik seperti diabetes, atau bisa juga diakibatkan karena trauma.

Pengobatan yang dilakukan akan tergantung dari penyebab dasar dari rabun senja atau katarak itu sendiri.Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi ke dokter spesialis mata untuk dilakukan pemeriksaan mata secara lengkap dan diberikan pengobatan sesuai penyebab. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar