Sukses

Nyeri Tumit

26 Oct 2015, 11:05 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dok.. Saya Mau Tanya.. Kmrn 3 Minggu Yang Lalu Tumit Saya Bengkak, dan Skg Malah Buat Jalan Sprti Ada Yg Mengganjal dan Tumitnya Yang Sakit ada Di Pinggiran Tumit, Knpa Ya Dok? Dan Cara Pengobatannya Bagaimana? Trima Kasih Dok.

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter.

Pada umumnya, nyeri tumit disebabkan oleh peradangan dari plantar fascia – suatu jaringan disepanjang bagian bawah kaki yang menghubungkan tulang tumit dengan ibu jari kaki kita. Keadaan ini disebut plantar fasciitis.

Plantar fasciitis menyebabkan nyeri seperti ditusuk atau rasa terbakar yang biasanya bertambah buruk pada pagi hari karena fascia mengencang (berkontraksi) sepanjang malam. Segera setelah kita berjalan-jalan beberapa saat, nyeri yang disebabkan oleh plantar fasciitis ini biasanya berkurang, tetapi mungkin akan terasa nyeri kembali setelah berdiri beberapa lama atau setelah bangun dari posisi duduk.

Dalam keadaan normal, plantar fascia kita bekerja seperti sebuah serabut-serabut penyerap kejutan (shock-absorbing bowstring), menyangga lengkung dalam kaki kita. Tetapi, jika tegangan pada serabut-serabut tersebut terlalu besar, maka dapat terjadi beberapa robekan kecil di serabut-serabut tersebut. Bila ini terjadi berulang-ulang maka fascia akan menjadi teriritasi atau meradang.

Penyebab plantar fasciitis dapat diakibatkan:

  • Aktivitas fisik yang berlebihan
  • Arthritis atau peradangan pada sendi
  • Diabetes
  • Mekanik kaki yang abnormal. Lengkung telapak kaki yang datar atau terlalu melengkung atau pola berjalan yang abnormal dapat mengakibatkan distribusi berat badan kita tidak seimbang diterima oleh kedua kaki, dan menyebabkan stress tambahan paa plantar fascia
  • Sepatu yang tidak cocok. Sepatu yang solnya tipis, longgal atau tidak ada dukungan untuk lengkung kaki atau tidak ada kemampuan untuk menyerap hentakan tidak melindungi kaki kita

Pada usia tua, selain plantar fasciitis, kita juga dapat mencurigai adanya calcaneus spur atau tonjolan tulang tumit. Untuk penanganan lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis ortopedi. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga membantu. 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar