Sukses

Bahaya Bleng / Boraks

04 Nov 2015, 21:39 WIB
Wanita, 21 tahun.

Siang dok mau tanya,, apakah (Bleng) itu bahaya untuk bumil? Mohon pencerahannya trimakasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. 'Bleng' merupakan nama lain dari borak. Tidak hanya berbahaya pada wanita hamil, namun zat ini berbahaya bagi siapapun jika dikonsumsi dalam dosis berlebihan.

Boraks sebenarnya tidak ditujukan untuk bahan makanan maupun campurannya. Namun sayangnya, Boraks Sering kali boraks ditambahkan dalam makanan seperti mie, bakso, cilok, lontong, dan otak-otak agar menjadi lebih kenyal, tidak lengket, dan tidak mudah putus. Boraks juga dapat membuat kerupuk menjadi lebih renyah.

Untuk itu anda perlu lebih jeli dan teliti dalam memilih bahan makanan yang Akan dikonsumsi. Karena nyatanya, banyak bahan makanan yang dijual dipasaran (baik mentah maupun bentuk makanan jadi) ternyata sudah tercampur dengan bahan-bahan yang berbahaya bagi kesehatan.

Bahan ini merupakan zat yang digunakan sebagai bahan pembuat deterjen dan antiseptik. Jika terhirup dan tertelan, boraks dapat mengakibatkan iritasi saluran pernapasan, kulit, dan mata. Selain itu, boraks juga dapat menyebabkan nyeri perut, mual, dan kerusakan ginjal.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar