Sukses

Keluhan Gangguan Napas Anak
24 Oct 2015, 23:13 WIB
Pria, 1 tahun.

Dok, anak sy saat ini ASi dicampur sufor morinaga php krn kt dok ad indikasi alergi susu sapi, sblm sy ksh morinaga di usia baru lahir-25hari sy smpt ksh sufor bebelac, slm diksh bebelac pup nya mencret dan keras sering gumoh n muntah, sy ksh sufor krn wkt itu asi tdk keluar, stlh bbrp hr asi ku bru keluar tp blm lancar jd dibantu sufor, stlh diksh bmt php muntah pun berkurang, tp apakah apkh stiap ank yg alergi itu nafas nya klo tdr bunyi ya? Dan tkdg sprt ky org sesak nafas bhkn ky org mo muntah tp ga bs muntah??? Mohon pnjlasannya dok, thx

Ibu/Bapak yang terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

 

Salam kami untuk buah hati Anda.

 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Bunyi  yang berasal dari saluran napas anak dapat menunjukkan adanya cairan atau lendir pada saluran napas/paru-paru anak. Paru-paru memang juga menghasilkan lendir. Bunyi muncul karena produksi lendir meningkat padahal belum bisa mengeluarkannya sendiri, karena refleks batuknya belum bekerja dengan baik.

 

Produksi lendir meningkat pada umumnya dialami oleh anak yang memiliki bakat alergi dimana produksi meningkat karena terpapar oleh alergen. Penyebab lain adalah bayi mengalami infeksi virus influenza. Namun, sebetulnya jika napas yang berbunyi tersebut tidak disertai tanda infeksi seperti demam, tidak mengganggu aktivitas anak Anda sehari-hari, dan tidak menganggu proses menyusui, keadaan ini tidak perlu dikhawatirkan. Anda dapat mencoba memiringkan posisi tubuh anak ke kanan untuk mengurangi bunyi yang ada.

 

Memang terdapat kemungkinan bunyi tersebut merupakan reaksi dari alergi susu formula yang mengandung protein sapi. Jika bunyi berlanjut, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis anak. Kemungkinan yang lain dari adanya bunyi adalah adanya kelemahan pada trakea yang merupakan saluran pernapasan.  Hal ini juga yang mungkin dapat menyebabkan keluhan "seperti mau muntah tapi tidak muntah". Namun hal ini perlu dikonfirmasi dengan pemeriksaan langsung.

 

Bagaimana dengan anak Anda apakah ada keluhan demam, frekuensi napas cepat, tampak sesak, batuk, pilek? Untuk memastikan penyebabnya sebaiknya periksakan ke dokter spesialis anak. Jika ada infeksi maka harus segera ditangani. 

 

Semoga keluhan si kecil segera teratasi!

 

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam sehat selalu,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar