Sukses

Vitamin Untuk Merawat Paru

28 Oct 2015, 14:50 WIB
Pria, 18 tahun.

obat/multivitamin utk merawat paru2 yang dapat dikonsumsi rutin untuk mendukung olah raga apaan dok?untuk mencegah sesak nafas dok belum kena sesak sih (18 thn) salam

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com, 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebelumnya, harus ditentukan dulu secara spesifik, "sesak nafas" apa yang Anda maksud. Sebab penyebab sesak nafas sangat bermacam-macam mulai dari infeksi, alergi, penyakit kanker, penyakit jantung, dll. Adapun vitamin/ multivitamin yang bertindak secara langsung untuk mencegah terjadinya sesak nafas sebenarnya tidak ada. Jadi, manfaat multivitamin lebih terhadap menjaga kondisi umum tubuh, termasuk paru-paru.

Bernapas merupakan proses vital dalam kehidupan. Organ yang mempunyai peran utama dalam sistem pernapasan adalah paru-paru. Apabila paru-paru berfungsi kurang baik, maka dapat menurunkan aliran oksigen ke seluruh tubuh serta menaikkan risiko terkena penyakit paru-paru lainnya. Saran terbaik untuk siapa pun yang ingin memiliki paru-paru sehat adalah, tentu saja, tidak merokok. Selain itu, diet yang sehat juga dapat meningkatkan kapasitas paru-paru Anda.

Berikut adalah beberapa cara lain yang dapat Anda terapkan untuk menjaga kesehatan paru-paru:

  1. Mengonsumsi antioksidan

Buah-buahan, terutama yang tinggi vitamin C, dapat melindungi paru-paru dari kerusakan yang disebabkan oleh oksidan.

  1. Meningkatkan udara di dalam ruangan

Pastikan udara masuk ke dalam rumah secara cukup. Bukalah jendela saat Anda membersihkan perabotan rumah atau melakukan kegiatan pembersihan lainnya.

  1. Melakukan olahraga

Bagi yang jarang berolahraga, mulailah rutinitas ini secara bertahap. Lakukanlah setidaknya 3 kali selama seminggu, mulai dari olahraga yang ringan seperti jalan kaki.

  1. Menghindari paparan polusi

Sebisa mungkin, hindari paparan polusi seperti debu, asap, abu, dsb. Gunakan masker saat Anda mengendarai motor atau kendaraan “terbuka” lainnya.

  1. Minum air yang cukup

Cairan dalam jumlah cukup menjaga kondisi tubuh agar tidak mengalami dehidrasi. Kondisi dehidrasi tentunya tidak baik untuk tubuh secara umum.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar