Sukses

Flu Sampai Berbau Telur Busuk

28 Oct 2015, 15:01 WIB
Pria, 30 tahun.

Dok, saya mau menanyakan masalah pada anak saya. 2 hari ini anak saya flu dan baunya seperti telur busuk. apakah anak saya terkena polip atau sinusitis?cairan yang keluar dari hidung tidak kental dan tidak banyak. hanya sedikit tetapi baunya sangat tidak enak. terima kasih atas perhatiannya.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sayang sekali Anda tidak menyebutkan usia anak Anda. Apakah anak Anda merasakan nyeri saat kepala menunduk? Apakah anak Anda baru saja mengalami flu dengan intensitas lendir dari hidung yang berjumlah banyak? Bila Ya, kemungkinan Anda telah mengalami sinusitis.

Sinus merupakan suatu rongga yang terdapat pada belakang hidung, mata dan dahi, dan pada keadaan normal berada pada kondisi steril. Pada keadaan sakit, dinding mukosa sinus mengalami peradangan atau pembengkakan akibat alergi, infeksi, iritasi bahan kimia, yang menyebabkan sumbatan aliran sekresi, dan jika dibiarkan akan menyebabkan timbulnya infeksi bakteri. Cairan yang tertahan tersebut akan memicu Sinusitis.

Terjadinya sinusitis berkaitan dengan 3 faktor di bawah:

  • sumbatan aliran sinus

  • gangguan silia, yang berfungsi mengalirkan cairan sinus tersebut

  • gangguan jumlah dan kualitas cairan mukus

Sebagai akibat dari sumbatan tersebut, maka:

  • terjadi penumpukan cairan dalam rongga sinus

  • kurangnya oksigen akibat hidung tersumbat dan kesulitan bernapas

  • penurunan aktivitas serabut-serabut silia untuk membersihkan rongga sinus, dan merupakan media yang baik untuk pertumbuhan kuman.

Salah satu rongga sinus yaitu sinus maksilaris secara anatomi lokasinya berdekatan dengan gigi atas bagian belakang. Infeksi pada bagian gigi tersebut dapat menyebar ke bagian lainnya, seperti sinus maksilaris tersebut, sehingga berperan dalam timbulnya sinusitis.

Pada prinsipnya, pengobatan sinusitis ditujukan dengan mengatasi penyebabnya. Pertama-tama, harus ditetapkan penyebab sinusitis tersebut. Pada kasus infeksi, faktor penyebab dapat dihilangkan dengan pengobatan antibiotik. Dapatkanlah antibiotik yang sesuai untuk anak Anda dari dokter. Untuk itu, perlu konsultasi dengan dokter THT untuk mengetahui penyebab pasti keluhan yang anak Anda alami dan mendapatkan pengobatan dan penanganan yang sesuai. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar