Sukses

Mengenai Ovulasi

23 Oct 2015, 13:57 WIB
Pria, 24 tahun.

Assalamualaikum dok, Saya mau tanya tentang alat uji kesuburan wanita. Saya baca di internet ada alat ovutest scope untuk uji kesuburan wanita hanya dengan menggunakan air liur aja. Pertanyaanya apakah alat ini benar-benar akurat untuk mencegah kehamilan? Mohon penjelasannya dok. Terimakasih

 

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Tes masa subur atau tes ovulasi merupakan tes yang mendeteksi peningkatan kadar hormon LH (luteinizing hormone). Tes ini akan mendeteksi peningkatan hormon LH pada saliva Anda. Namun memang pemeriksaan ini termasuk pemeriksaan yang sibjektif karena orang yang melakukan pemeriksaan lah yang akan memeriksa hasil gambaran selnya sendiri. Namun test ini tetap dapat Anda lakukan untuk menilai waktu ovulasi Anda. 

Tes ovulasi ini tidak mengatakan bahwa Anda sedang dalam masa ovulasi namun hanyalah melihat peningkatan hormon yang terjadi menjelang ovulasi. Terkadang siklus tersebut tidak mengandung sel telur ataupun sel telur gagal untuk dikeluarkan sesaat setelah peningkatan kadar hormon LH.

Apabila Anda ingin memprogram kehamilan, segera setelah tes ovulasi Anda positif, segera lakukan  lakukan hubungan intim dalam waktu 24 -48 jam setelah itu.Hal ini dilakukan karena ovulasi terjadi kira-kira 24-36 jam kemudian setelah peningkatan kadar hormon LH. Test sebaiknya dikerjakan 2 kali sehari. 

Anda dapat melihat siklus hormonal di dalam siklus menstruasi dapat membaca artikel di bawah ini :

Fisiologi Menstruasi

Tanda Ovulasi (8 February 2015)

 

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam, 

    0 Komentar

    Belum ada komentar